4 Sekolah SMA Islam Boarding School Terbaik di Indonesia

Berbicara sekolah SMA Boarding School Islam Terbaik, maka kita akan berbicara bagaimana mengantarkan anak mampu meraih masa depan lebih cerah, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Karena dari jenjang SMA itulah selanjutnya seorang anak akan mampu masuk perguruan tinggi yang menjuruskan spesifikasi keahliannya. Oleh sebab itu kami review 5 Sekolah SMA Islam Boarding School Terbaik di Indonesia. Seperti biasa, kami review berdasarkan kualitas, kepopuleran, dan juga spesialisasi yang dimilikinya.

  1. Insan Cendekia, Serpong

Sekolah ini memang favorit, tidak bisa dimungkiri magnetnya sebagai sekolah SMA Islam Boarding School sulit untuk dihindari. Insan Cendekia Serpong juga dikenal dengan nama Sekolah Habibie, presiden ketiga dengan masa jabatan terpendek namun segudang prestasi. Dari pemikiranbeliau itulah sekolah islam berasrama ini lahir. Sekolah ini memiliki tujuan didirikan untuk menyatukan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan Iman dan Taqwa(IMTAQ). Sederhananya, ingin menciptakan generasi seperti Prof. Dr. Eng B.J. Habibie yang memiliki kecerdasan tinggi, namun keimanannya juga baik.

Magnet yang lain dari sekolah ini adalah syarat untuk masuk di sekolah ini cukup berjenjang. Di samping prestasi yang harus selangit, juga tes psikotes yang ketat. Sehingga siapapun yang memasuki sekolah ini sudah barang tentu adalah anak-anak berprestasi dari setiap daerah. Tapi jika anak memiliki keahlian dalam bidang tertentu, bakat dan minat tidak begitu diarahkan. Karena sekali lagi, fokus di sekolah ini benar-benar kepada manusia yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sekolah ini juga tidak berbicara fasilitas, bisa dikatakan memang bukan itu menjadi fokus, hanya cukup, kecuali fasilitas pembelajaran, maka memadai. Fokusnya sudah jelas. Oleh sebab itu Insan Cendekia pantas disebut sebagai SMA Islam Boarding School Terbaik di Indonesia.

  1. Al Hikmah Boarding School, Batu

Al Hikmah Boarding School adalah sekolah Boarding yang dikelola oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al Hikmah Surabaya. Pengalaman dalam menangani akademik siswa sudah tidak perlu diragukan. Alumni Al Hikmah hampir sudah pasti ada yang melanjutkan di universitas luar negeri, seperti di Monash University, di Shizuoka University, dan lain sebagainya yang tersebar di daratan Asia dan Eropa. Jika di Indonesia, maka Universitas ternama seperti ITB, dan ITS sudah menjadi langganan.

Yang spesial dari SMA Islam Al Hikmah Boarding School ini adalah memiliki tujuan untuk menciptakan siswa yang mampu menghadapi kecepatan perubahan di masa depan. Caranya dengan penanaman jiwa kemandirian belajar yang tinggi. Sederhananya ingin menciptakan jiwa Buya Hamka yang tekun otodidak tanpa lepas dari bimbingan guru, dengan suasana mirip kampusnya Ranchoddas Chanchad dalam film 3 Idiots. Kemampuan bahasa yang dibekali adalah bahasa Arab dan Inggris. Sehingga al Hikmah Boarding School Batu pantas disebut sebagai SMA Islam Boarding School Terbaik di Indonesia.

Namun program keislaman juga menjadi identitas kental. Tahfidznya, meski tidak sekental Isy Karima, tapi istimewa, karena harus menghapal Juz “Amma, Al Baqarah, surat pilihan, tapi dengan tafsirnya. Dalam pemahaman Al Hikmah Boarding School, jika sudah memahami tafsir dalam surat-surat tersebut, maka 70 persen kandungan al Quran bisa dipahami dengan baik.

Berada di wilayah Batu dengan luas lebih dari 15 hektar tanah total dan bangunan 5,5 hektar, sekolah ini benar-benar berdiri nyaman dengan kesejukan tinggi khas wilayah kota wisata Batu Malang. View yang akan anda lihat adalah pegunungan dengan dikelilingi kebun apel dan jeruk yang masih tumbuh dan berkembang. Satu kamar hanya diisi empat hingga enam orang dengan dua kamar mandi di dalam. Di sekolah ini fasilitas memang sangat memadai, memanjakan individu, kolam renang sedang proses pembuatan karena memang akan diresmikan pada tahun ajaran 2018, lapangan, juga fasilitas lain yang menjadikan siswa nyaman, khas Boarding School di era milenial.

  1. Isy Karima, Solo

Isya Karima adalah Aliyah di pondok pesantren yang tim Boardingschool.id sudah pernah berkunjung di sana. Terletak di wilayah Karangpandaan, Karanganyar, atau lebih dekat dengan Solo, berada tepat di sebelah jalan utama yang naik dan berkelok, pondok ini berada di kaki gunung Lawu, sehingga kabut dan lain sebagainya menjadi hal biasa.
Aliyah dengan donatur dokter spesialis tulang ini adalah khusus pencetak generasi sains dan tahfidz. Dari awal seleksinya adalah berdasarkan nilai beberapa mata bidang pelajaran dan harus di atas rata-rata. Sehingga universitas seperti ITB, UGM sudah menjadi langganan sebagai objek alumninya.

Penekanan kedua adalah tahfidz. Tahfidz di pondok ini bukan program ekstra, atau hanya memiliki porsi setengah saja, dua juz, bukan. Tapi program tahfidznya memang khusus dan memiliki target tertentu dalam satu tahun. Jika tidak mampu, seingat kami ada konsekuensi tertentu. Atau bisa dikatakan, ini adalah pondok tahfidz untuk anak SMA berprestasi. Sehingga Isya Karima Solo layak menjadi SMA Islam Boarding School Terbaik di Indonesia. Namun fasilitas bukan menjadi prioritas utama, ini SMA dengan jiwa pondok pesantren, sehingga lebih ditempa pada aspek kesederhanaan.

  1. ….

Inilah beberapa Sekolah Asrama Islam Boarding School Terbaik yang bisa dijadikan rujukan. Urutan nomor bukan berarti menunjukkan peringkat.

 

Releated Post

2 thoughts on “4 Sekolah SMA Islam Boarding School Terbaik di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *