7 Kelebihan AL Hikmah Boarding School Batu

Nama Al Hikmah Boarding School Batu akhir-akhir ini menjadi buah bibir reviewer di Internet karena statusnya sebagai salah satu Boarding School yang patut diperhitungkan meskipun dalam penelusuran kami sekolah ini akan mulai proses belajar mengajar di tahun ajaran 2018. Tim kami berusaha untuk menggali lebih dalam apa saja kelebihan al Hikmah Boarding School Batu. Berikut kami sajikan tujuh kelebihannya.

  1. Menciptakan Jiwa Pembelajar

Al hikmah Boarding School dilahirkan dengan konsep bahwa masa depan adalah kecepatan perubahan. Oleh sebab itu dibutuhkan manusia yang memiliki jiwa adaptif cukup tinggi.  Harus memiliki kemampuan untuk bisa belajar hal baru di masa yang akan datang. Al Hikmah Boarding School akan melahirkan generasi yang mengerti tantangan masa depan.

Oleh sebab itu Al Hikmah Boarding School berusaha menanamkan jiwa pembelajar. Jiwa otodidak yang kuat dengan memberikan kunci-kunci penting, seperti bahasa arab dan inggris, jiwa self directed learning, juga kemampuan menganalisa terhadap sebuah masalah dan mencari solusinya, atau secara sederhana kemampuan melihat peluang dan mencari kesempatan di dalamnya.

  1. Menumbuhkan Jiwa Kemandirian

Di antara kelemahan anak zaman now adalah hilangnya jiwa kemandirian karena segala sesuatu selalu disediakan oleh orangtua, sehingga timbul jiwa ketergantungan. Di Al Hikmah Boarding School, siswa akan dibina jiwa kemandiriannya bukan melalui seminar tapi melalui terjun ke lapangan dan lebih dekat dengan sumber daya alam yang berbentuk perkebunan, peternakan dan lain sebagainya. Dari total lahan yang berjumlah 15 hektar, ada lahan 30% untuk porsi ini. Oleh sebab itu siswa sudah berwirausaha sedari awal dengan kebebasan dalam pemilihan bidang. Siswa hanya diajarkan cara agar lebih efektif dan efisien.

  1. Berkembang Sesuai Minat dan Bakat

Al Hikmah Boarding School adalah sekolah impian bagi mereka yang ingin berkembang minat dan bakat secara leluasa. Ya, leluasa bukan dengan pola ekstra kulikuler seperti yang ada pada umumnya. Tapi caranya adalah identifikasi sejak awal mula masuk al Hikmah Boarding School. Ketika wawancara, ada banyak elemen yang ikut serta, dengan psikolog, dengan guru akademik, tes hafalan, saat itu orangtua wajib ikut. Fungsinya adalah, hasil akan didiskusikan dengan orangtua, menyampaikan bahwa sang anak lebih condong ke bidang Biologi, maka kesepakatan harus memantapkan di bidang itu agar nantinya ada guru pendamping yang siap 24 jam di asrama mendampingi. Efeknya, potensi akademik teridentifikasi sejak dini, sehingga kemampuan siswa benar-benar melesat. Semua ini didukung dengan rasio guru dan siswa adalahh 1:5.

Nantinya minat dan bakat yang dimiliki siswa akan difasilitasi dengan beragam ruang dan fasilitas serta bimbingan. Kalau pernah lihat film 3 idiots yang digagas Rancho, maka bisa dikatakan nantinya akan mengarah seperti itu. Sehingga potensi akademik sudah terdeteksi semenjak jenjang SMA bukan di masa kuliah.

  1. Pengalaman Melahiran Siswa Berprestasi

Al Hikmah Surabaya dikenal sebagai sekolah yang mampu melahirkan alumni yang banyak berprestasi di kancah nasional dan internasional. Langganan unversitas negeri terbaik, seperti ITB, ITS, UNAIR, dan lain sebagainya. Yang terbaru adalah, alumninya yang bernama Djarot Dimas, Alumni Al Hikmah 2013 mendapatkan penghargaan “Diplomacy Award” tingkat internasional di sidang umum PBB. Bahkan ia mendapatkan standing ovation dari peserta sidang. Sehingga nama Bangsa Indonesia begitu harum dalam forum besar di mana tidak semua orang memiliki kesempatan untuk ikut serta, apalagi berbicara.

  1. Tahfidz dan Tafsir

Al Hikmah memiliki program tahfidz yang unik. Tidak hanya sebatas tahfid juz 30 dan surat al Baqarah, tapi juga surat-surat pilihan. Hebatnya juga ditambah dengan program tahfidz sekaligus memahami tafsirnya. Sehingga mampu menguasai permasalahan agama, karena memahami tafsir surat al Baqarah menurut Prof. Roem sebagai pakar tafsir akan mampu mengetahui 70 persen persoalan yang ada di dalam al Quran.

  1. Fasilitas Modern

Al Hikmah Boarding School memiliki fasilitas yang bagus. Berkaca dari al Hikmah yang ada di Surabaya, semua fasilitas belajar tersedia dengan baik. Meskipun masih proses pembangunan, namun laboratorium, yang menjadi menu wajib akan tersedia. Lapangan sepakbola, kolam renang, bukan kecil hanya pelengkap, benar-benar standar, juga tersedia. Gambaran betapa baiknya fasilitas di al Hikmah Boarding School adalah kamarnya yang hanya dihuni oleh empat hingga enam orang dengan kamar mandi dua di dalam.

  1. Seperti Berwisata

Al Hikmah Boarding School batu terletak di ketinggian 900 mdpl dengan latar belakang pegunungan yang indah. Tempat ini awalnya disetting sebagai tempat wisata dengan cottage yang pada akhirnya dijadikan asrama. Di atas lahan seluas 15 hektar, dikelilingi pohon apel dan jeruk yang masih tumbuh dan berkembang, belajar di Al Hikmah Boarding School seperti layaknya berwisata di Malang. Bahkan siswa bisa mengolah peternakan dan perkebunan secara mandiri.

Tujuh kelebihan ini patut dipertimbangkan bagi Anda yang ingin mendapatkan sekolah Boarding School ideal. Jika ingin bertanya lebih dalam bisa ke management Al Hikmah Boarding School melalui whatsapp di 08113007055

ket: Foto-foto bersumber dari Al Hikmah Surabaya

Releated Post

4 thoughts on “7 Kelebihan AL Hikmah Boarding School Batu

    1. Di sekolah ini kami sudah melihat ada gedung khusus perpustakaan, terletak di antara cottage dan kelas… Cukup luas untuk ukuran SMA, dan nyaman dengan lantai kayu yang dingin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *