Millenial Boarding School di Jawa Timur | Al Hikmah Batu

Saya sengaja menyebut Al Hikmah Boarding School sebagai Boarding School Millenial. Alasannya sederhana, kurikulum yang ada di dalamnya memfasilitasi gairah anak milenial yang ingin mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya.

Akan kami ulas secara panjang lebar di review kali ini.

Profil Al Hikmah Boarding School Batu

Al Hikmah Boarding School adalah sekolah yang masih satu induk dengan al Hikmah Surabaya. Sekolah yang dikenal luas masyarakat Jawa Timur sebagai rintisan sekolah Islam full day School. Berdiri di tahun 1990, sekolah ini menjadi pemecah kebuntuan branding sekolah Islam.

Sekolah Islam pada umumnya ketika itu dikenal tidak banyak bisa angkat bicara di perlombaan. Kalah dengan negeri, atau kalah dengan sekolah kristen. Sekolah Islam juga dikenal sebagai sekolah murah yang sangat minim perlengkapan.

Dogma itu dipecahkan oleh al Hikmah. Ketika banyak sekolah yang belum mencetuskan full day school, al Hikmah justru hembuskan angin segar. Sekolah full day dengan kualitas pendidikan yang terbaik.

Buktinya adalah prestasi. Al hikmah ketika itu mampu menembus peringkat sepuluh sekolah terbaik di wilayah metropolitan Surabaya di saat Saint Luis atau SMA komplek merajai. Masyarakat terbelalak.

Nilai plusnya tentu saja pendidikan Islam yang kental. Terutama pendekatan kepada aspek akhlaq yang lebih dibandingkan dengan pendidikan umum lainnya. Sehingga ketika itu Al Hikmah menjadi pusat perhatian keluarga muslim.

Sosok Pendiri Al Hikmah Boarding School Batu

Ketika Al Hikmah berdiri, ide full day school adalah ide yang sangat brilian. Ternyata di balik itu ada sosok yang memang brilian. Dialah Dr. (HC) Abdulkadir Baraja. Laki-laki keturunan Arab ini dikenal sebagai tokoh pergerakan Islam di Surabaya, juga Jawa Timur.

Abdulkadir Baraja juga dikenal sebagai ketua banyak yayasan di Surabaya. Di antaranya adalah Lembaga Amil Zakat Nasional, YDSF Surabaya. Juga berkecimpung di Yayasan Perguruan Al Irsyad. Juga beberapa lembaga Islam lainnya.

Ust. Kadir, begitu sering dipanggil juga dikenal sebagai pengusaha. Di antaranya adalah PT. Infoglobal, yang bergerak di bidang dashboard pesawat tempur. Juga beberapa perusahaan lainnya. Namun karena fokusnya dalam dunia pendidikan, beliau pada akhirnya mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari UNESA Surabaya dalam bidang pendidikan.

Di samping Ust. Kadir, Al Hikmah juga memiliki tokoh al Quran, yaitu Prof. Roem Rowi. Beliau dikenal sebagai guru besar Al Quran di Universitas Islam Negeri Surabaya. Dengan kata lain nuansa pendidikan al Quran juga sangat kental di Boarding School di Jawa Timur ini.

Alasan Al Hikmah Boarding School Batu Lahir

Al Hikmah Boarding School lahir di saat istilah millenial sangat populer sekali. 2015 didiskusikan, hingga pada akhirnya di tahun ajaran 2017-2018 dimulai satu angkatan. Oleh sebab itu ini adalah salah satu Millenial Boarding School di Jawa Timur.

Saat ini adalah masalah yang cukup besar, dan menjangkit di banyak pendidikan nasional, yaitu hampir semua siswa tidak menemukan passion, bakat, bahkan minat meski sudah sekolah hingga jenjang S1.

Artinya waktu yang dihabiskan selama kurang lebih 16 tahun, tetap belum bisa menunjukkan minat dan bakat seseorang. Bahkan terkadang anak kuliah juga masih bingung di bidang apa akan bekerja. Bahkan pada akhirnya justru bekerja pada bidang yang tidak digeluti sedari masa pendidikan.

Pendidikan hanya menjadi lahan untuk menghabiskan waktu yang panjang. Terlalu banyak waktu yang dibuang. Maka solusinya adalah harus ada percepatan pendidikan pada masing-masing siswa. Inilah yang menjadi inti pendidikan di Boarding School di Jawa Timur ini.

Geografis Al Hikmah Boarding School Batu

Boarding School Millenial ini berada di wilayah Batu Malang. Kota wisata yang kini ingin bergeser identitasnya menjadi kota pendidikan. Tepatnya di Giripurno. Kalau terbiasa ke Batu, maka sekitar 15 dari alun-alun.

Sekolah dengan lahan 15 hektar ini berada di kaki bukit. Sehingga pemandangan sangat Indah sekali. Bahkan suhu udaranya mencapai 10 derajat celcius. Jangan berharap AC di sekolah ini, sudah sangat dingin.

Sekolah ini berada di ketinggian 890 di atas permukaan air laut. Bahkan wilayah sekolahnya pun naik turun. Tidak seratus persen rata. Keliling sekali sekolah ini, dijamin sudah turun naik nafasnya. Maka kenyamanan dan kesejukan menjadi nilai istimewa di Millenial Boarding School di Jawa Timur ini.

Jika Anda menggunakan kereta api, maka masih satu jam lagi perjalanan. Tapi jika menggunakan pesawat dan turun di Surabaya, harus menempuh sekitar tiga jam.

boarding school di Jawa Timur

Profil Pendidikan Al Hikmah Boarding School Batu

Di Surabaya, Al Hikmah memiliki jenjang pendidikan dari TK hingga SMA, bahkan ada pendidikan sekolah tinggi keguruan. Namun uniknya, Boarding School justru menyasar di jenjang SMA. Menurut Ust. Shakib selaku ketua yayasan, hal ini mengingat pematangan siswa menuju jenjang universitas berada pada jenjang SMA, maka SMA sangat penting sebagai penentu pendidikan masa depan anak.

Oleh sebab itu, sampai dengan tulisan ini dibuat, Al Hikmah Boarding School baru membuka SMA di awal. Itu pun hanya laki-laki. Belum ada khusus perempuan. Kalau yang ingin masukkan perempuan, bisa alternatif di Boarding School lain, seperti Darul Hikam Islamic Boarding School.

Kurikulum Al Hikmah Boarding School di Jawa Timur

Al Hikmah Boarding School merujuk kurikulumnya pada diknas. Artinya boarding school ini menitik beratkan pada pengetahuan sains, IPA dan IPS. Porsi pendidikan disesuaikan dengan diknas. Namun demikian, Al Hikmah Boarding memiliki formula khas.

Boarding School Millenial ini memberikan porsi lebih besar dalam mata pelajaran tertentu kepada siapa saja yang menghendaki. Maksudnya, jika Si A, gemar belajar Matematika, maka selepas kelas bisa belajar lagi di kelas pengembangan.

Di sinilah Al Hikmah Boarding School menjadi istimewa. Setiap anak akan mampu berkembang dengan cepat sesuai mata pelajaran yang disukainya. Ia belajar karena dorongan mandiri. Al Hikmah sudah menyediakan mekanisme itu. Sehingga yang menyukai Biologi, bisa menjadi ahli sejak di SMA.

Secara guru pun tersedia banyak dengan kepakaran masing-masing. Sehingga bisa jadi satu siswa memiliki satu khusus guru pendamping. Pada akhirnya Al Hikmah seperti sekolah sesuai minat dan bakat siswa. Sehingga kami tidak ragu mereview salah satu Boarding School di Jawa Timur ini.

Adapun pelajaran lain, hanya akan dibebankan sesuai dengan yang diamahkan oleh diknas.

Untuk fasilitas, Al Hikmah dikenal fasih menyediakan itu. Al Hikmah Surabaya juga sekolah yang menyediakan sarana prasarana lengkap, dari laboratorium hingga kolam renang, dari perpustakaan hingga masjid besar.

Identifikasi Dini Potensi Siswa

Untuk memuluskan program percepatan minat siswa, Al Hikmah melakukan identifikasi sejak siswa tersebut mendaftar. Di awal masa pembelajaran ada tes oleh psikolog dan guru. Dari tes inilah diketahui bahwa sebenarnya anak memiliki minat pada materi tertentu.

Sehingga setiap siswa didekati berdasarkan hasil psikotes yang sudah didapatkan di awal pendaftaran. Sehingga muncul percepatan dan pendalaman. Percepatan yang dimaksud adalah lebih cepat dalam menemukan minatnya, dan pendalaman yang dimaksud adalah memiliki penguasaan lebih mendalam terhadap materi yang disukainya.

Jika di tengah perjalanan ternyata minat itu bergeser, maka tetap didampingi, dan dilihat oleh guru pendamping pergeseran minat siswa. Semua masih mungkin di Boarding School di Jawa Timur ini.

Menurut saya pribadi, keistimewaan yang dimiliki ada pada unsur pendampingan intensif guru yang dilakukan di luar kelas. Sehingga program ini berhasil. Istilah sederhana, guru berhasil memancing siswa untuk semakin menekuni bakatnya.

Siswa Al Hikmah menyusun proposal hidup

Dukungan Teknologi di Al Hikmah Batu

Optimalisasi bakat siswa bisa berjalan optimal juga didukung aplikasi. Al Hikmah Boarding School Batu memiliki aplikasi yang membuat siswa bisa memilih kegiatan apa yang akan dilakukannya. Setiap siswa memiliki perencanaan mandiri untuk satu minggu, bahkan satu tahun, dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

Kalau dilihat dengan cermat, yang ditumbuhkan pada hakikatnya bukanlah minat. Tapi dengan pola ini Al Hikmah Boarding School ingin menumbuhkan jiwa kemandirian belajar. Jiwa kemampuan otodidak.

Di sinilah mengapa kami menyebut Al Hikmah sebagai Boarding School Millenial. Di Boarding School Millenial ini setiap siswa memiliki jiwa adaptif yang cukup tinggi terhadap perubahan. Mereka sudah dibekali kebiasaan meneliti secara mandiri.

Sedangkan tantang di era Millenial adalah kecepatan perubahan. Maka siapa yang mampu menghadapi perubahan itulah yang nantinya akan menang. Siswa Al Hikmah dididik untuk memiliki kemampuan itu. Mereka tumbuh dengan cepat atas dorongan pribadi melalui rekayasa sekolah.

Pendidikan Spiritual di Al Hikmah Boarding School Batu

Pendidikan agama di Al Hikmah Boarding School Batu lebih banyak bersifat langsung diamalkan dalam bentuk ibadah. Adapun secara keilmuan, memiliki porsi namun tidak begitu besar.

Yang perlu digarisbawahi, Al Hikmah Boarding School Batu tidak berafiliasi ke organisasi masyarakat, atau fanatik madzhab tertentu. Al Hikmah netral. Sehingga kita tidak perlu khawatir jika nantinya condong ke arah tertentu.

Ibadah yang diamalkan adalah, shalat jama’ah lima waktu di masjid. Shalat sunnah rawatib juga dilaksanakan, kami pernah mengikuti. Setiap siswa juga melaksanakan shalat tahajud bersama-sama dan shalat witir. Sehingga setiap pagi harus bangun pukul 3:00 pagi.Di sela-sela sekolah formal, mereka juga melaksanakan shalat dhuha.

Yang istimewa menurut saya adalah target tahfidz quran di Al Hikmah Boarding School yang ditentukan, yaitu surat al Baqarah. Setelah kami periksakan kepada pihak pengelola, Ust. Edy menjelaskan, karena di hukum-hukum dasar Islam banyak di surat kedua dalam Al Quran itu, sehingga siswa harus menghafalnya.

Dalam kajian pun, siswa dijelaskan banyak tentang tafsir surat tersebut. Melalui kajian selepas subuh, melalui kajian yang lainnya. Sehingga siswa tidak hanya hafal saja, tapi memahami kandungan yang ada di dalamnya.

Oleh sebab itu saya memahami bahwa penekanan di Al Hikmah Boarding School di Jawa Timur ini adalah keilmuan sains dengan landasan penguasaan Al Quran.

Fasilitas Al Hikmah Boarding School Batu

Kami akan menjelaskan bahwa Al Hikmah harus menerima konsekuensi bahwa fasilitas yang dihadirkan harus istimewa. Dengan luas lahan 15 hektar, 5 hektar difungsikan sebagai lahan sekolah, adapun sisanya adalah disediakan sebagai sarana uji coba keilmuan siswa.

Asrama siswa disediakan dengan model cottage. Bukan kolosal seperti asrama pada umumnya. Satu kamar terdiri dua ranjang bertingkat dengan dua kamar mandi di dalam. Sehingga terasa sangat nyaman. Kecil kemungkinan tidak betal tinggal di Boarding School di Jawa Timur ini.

Untuk laboratorium, hingga kelas pendampingan minat disediakan cukup representatif. Kelasnya pun difungsikan sebagai kelas kecil, hanya 25 siswa. Sehingga kelas menjadi efektif.

Siswa pun memiliki lapangan uji coba dalam jiwa usaha. Mereka disediakan lahan untuk bercocok tanam, hingga beternak. Mereka menanam, nantinya terus dicatatat sebagai bahan penelitian, mereka juga nantinya diwajibkan menjual.

Fasilitas olah raga pun cukup representatif. Dari lapangan futsal, basket, hingga kolam renang yang sedang dalam proses pembangunan. Pada akhirnya untuk fasilitas tidak perlu panjang lebar dijelaskan. Lebih baik datang untuk merasakan keindahannya.

Lebih lengkap tentang fasilitas bisa diperiksa di sini.

Biaya Al Hikmah Boarding School

Di tahun ajaran 2019-2020 biaya pendidikan yang harus dikeluarkan untuk Al Hikmah sebesar Rp. 68.000.000. Adapun biaya bulanan sekitar Rp. 4.000.000,-an. Biaya ini menurut kami jauh lebih murah daripada Boarding School yang ada di wilayah Jabodetabek.

Terlebih pendidikan yang diberikan memiliki kurikulum yang khas. Yang menjadikan siswa mengalami percepatan dalam kemampuan keilmuan. Hal lain yang menjadikan istimewa adalah letak geografis. Al Hikmah benar-benar nyaman sebagai sekolah dengan model Boarding School.

Untuk info lebih lengkap bisa hubungi 0811 3007 055. Juga bisa whatsapp.

 

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *