Sisi Lain Boarding School Jawa Timur | Al Hikmah Batu

sma boarding school terbaik

 

Boarding school Jawa Timur cukup banyak. Terutama boarding school di Batu dan Malang. Namun demikian kali ini kami akan mereview Al Hikmah Boarding School, terletak di Giripurno Batu. Atau sekitar 15 menit dari Jatim Park yang Dinosaurus.

Kami tertarik membahas boarding school Jawa Timur yang satu ini karena cukup mencolok dibandingkan yang lain. Lahannya sangat luas, 15 hektar. Di bawah bukit tepat, sehingga dari jalan atas akan terlihat satu gedung utama yang besar.

Identitas Boarding School Jawa Timur

Boarding School Jawa Timur umumnya memiliki dua identitas utama. Pertama pendidikan kental bernuansakan agama Islam. Jawa Timur yang dikenal sebagai basis pondok pesantren klasik, tentu nuansa Islam menjadi hal yang wajib dimiliki setiap boarding school.

Man 3 Malang, Al Izzah, Tazkia, semuanya memiliki nuansa keislaman yang kental. Terutama dari sisi pengalaman agama. Seperti shalat wajib di masjid, shalat sunnah seperti tahajud dan dhuha, juga pendidikan tahfidz Al Quran di masing-masing.

Kedua, boarding school Jawa Timur memiliki letak geografis yang rata-rata di dua wilayah utama, Batu Malang, dan Pacet Mojokerto. Namun lebih banyak di Batu Malang. Semua yang kami sebutkan di atas adalah di Batu Malang.

Kurikulum Unik Al Hikmah Boarding School

Jika ingin melihat perbedaan tajam antara masing-masing boarding school, maka yang paling terlihat adalah dari sisi pola pendidikan. Kurikulum hingga model pembelajaran. Kami melihat ada satu yang menurut kami cukup berbeda, milik Al Hikmah Boarding School. Inilah yang kami sebut dengan sisi lain.

Kurikulum di Al Hikmah Boarding School Batu menganut kepada diknas secara identitas, tapi secara pelaksanaan di dalamnya justru lebih mengedepankan kurikulum internal, mereka menyebutnya Self Directed Learning.

Ini adalah pendidikan yang tidak lagi berpusat kepada guru. Juga bukan pendidikan yang berpusat kepada siswa. Tapi ini jenis pendidikan yang justru memfasilitasi kehendak siswa. Unik. Artinya pelajaran bukan menjadi pusat perhatian, tapi semangat siswa yang menjadi pusat pengembangan program pendidikan. Oleh sebab itu sedikit berbeda dengan boarding school Jawa Timur pada umumnya.

Kurikulum demikian dibuat demi mengembangkan minat dan bakat siswa secara lebih mendalam. Ini juga bukan ekstra kurikuler. Al Hikmah Boarding sengaja mencampurnya dengan kurikulum diknas.

boarding school Jawa Timur
Siswa Al Hikmah menerima kunjungan tamu

Dasar Pemikiran Al Hikmah Boarding School

Yang menjadi landasan mengapa pusat pendidikan adalah siswa, karena di masa yang akan datang tidak ada sesuatu yang tetap. Segala perubahan berjalan sangat cepat sekali. Seperti sekarang yang kita rasakan, di mana perubahan itu hadir begitu cepat. Disruption Era.

Maka yang dibutuhkan di masa yang akan datang bukanlah penguasaan bahan pelajaran, namun penguasaan cara mencari ilmu pengetahuan. Ketrampilan untuk belajar mandiri sangat ditekankan di Boarding School di Jawa Timur ini. Sehingga setiap orang akan mampu cepat beradaptasi dengan perubahan yang sedemikian cepat.

Apalagi ilmu pengetahuan sekarang sudah tidak terbatas, semua serba ada di internet. Google, Youtube adalah dua sumber utama ilmu pengetahuan di dunia milenial. Maka yang dibutuhkan adalah kemampuan menyerap itu dengan mandiri. Inilah landasan pemikirannya. Maka Al Hikmah Boarding School mengambil beberapa identifikasi penting untuk siswa.

Mengubah Energi Potensi Menjadi Bakat

Di dunia milenial, bakat adalah mutiara yang harus ditemukan. Inilah yang banyak dilakukan boarding school di Jawa Timur. Usaha untuk menemukan bakat dilakukan di ektra kurikuler. Tapi di Al Hikmah potensi akan dilihat dari tes masuk.

Ketika tes, setiap anak akan diwawancarai dalam banyak hal. Baik sisi akademis dan non akademis. Dari penilaian inilah selanjutnya potensi seseorang terlihat. Contoh, nilai Matematika tinggi, tapi ketika diwawancara ternyata dia menyukai musik. Maka yang perlu didampingi adalah musiknya. Matematikanya terus dilakukan pemantapan.

Di Al Hikmah seseorang diyakini mampu memiliki kemampuan tidak hanya satu. Bisa dua kemampuan atau lebih. Kuncinya ada pada waktu kapan kita menemukan bakat itu. Semakin dini, semakin cepat dia akan menemukan pemantapan dan menemukan kemampuan lainnya.

Menggali Cita di Boarding School Jawa Timur

Ketika sudah ditemukan itulah berubah menjadi passion. Guru diskusi panjang lebar dengan siswa. Sehingga siswa benar-benar nyaman akan apa yang menjadi keputusannya. Guru pada akhirnya bersifat bukan sebagai pengajar, tapi sebagai motivator dengan asas pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya.

Maka yang dilakukan pertama kali ketika sudah menemukan bakatnya adalah mendampingi membuat proposal hidup. Menurut kami ini adalah hal yang sangat istimewa. Proposal hidup ini intinya membuat perencanaan untuk mencapai prestasi puncak pada bakat yang sudah diyakini untuk ditekuni. Passion.

Passion yang di sini bukan berarti di luar mata pelajaran. Misalkan seni melukis. Tapi juga bakat dalam materi formal, seperti pelajaran Matematika, Fisika, Biologi, dan lain sebagainya. Pemantapan inilah yang akan menjadikan setiap siswa memiliki dorongan optimal pada satu aspek yang menjadi keyakinannya.

Siswa Al Hikmah menyusun proposal hidup

Proposal Hidup Siswa 15 Tahun

Saya sengaja menulis dengan usia, karena proposal yang dibuat, rasanya bukan dibuat oleh anak usia itu. Jauh melanglah ke depan. Bahkan dengan perencanaan yang sangat urut dan target yang jelas. Saya akan paparkan beberapa proposal hidup siswa di boarding school Jawa Timur ini.

Ada yang menulis One Muslim Who Change the World Through Diplomation. Dia bercita-cita ingin menjadi diplomat unggul yang bisa mempengaruhi dunia. Maka kemampuan bahasa menjadi hal sangat penting. Bisa satu bahasa, bahkan bisa lebih dari dua bahasa. Akan dipupuk di sekolah boarding school Jawa Timur ini.

Young Tech-preunur, ada yang menuliskan demikian. Target menjadi orang kaya pada usia 37 tahun karena perjalanan yang dia lalui dan perencanaan yang dia buat. Maka jiwa kewirausahaan menjadi faktor paling penting untuk ditingkatkan.

Guru berfungsi menyiapkan jalannya. Yang ingin menjadi diplomat, maka porsi pendidikan bahasa jauh lebih banyak dibandingkan yang lain. Yang ingin menjadi pengusaha, tentu kemampuan jiwa wirausaha dan kemampuan komunikasi yang baik.

Simak wawancara proposal hidup siswa Al Hikmah Boarding School Batu di sini.

Efek Positif di Al Hikmah Boarding School

Efek positif yang terjadi di salah satu boarding school di Jawa Timur ini adalah percepatan pembelajaran. Setiap anak bergerak karena keinginannya sendiri. Bukan karena dorongan guru. Mereka sudah meyakini apa yang menjadi cita-cita dalam hidupnya.

Sehingga setiap siswa terus tekun. Jika sedikit kendor, maka guru akan memberikan motivasi. Memberikan contoh-contoh tokoh yang sudah sukses dalam karir yang mirip dengan apa yang sudah dicita-citakan setiap siswa.

Semisal pengusaha, maka disebutkan seperti Chairul Tanjung yang memiliki latar belakang memulai usaha dari nol. Atau Jack Ma seorang yang akrab dengan kegagalan justru kini menjadi sangat akrab dengan kesuksesan. Semua diceritakan agar menjadi motivasi dan kembali terbakar lagi.

Faktor Al Hikmah | Boarding School Jawa Timur

Program pembelajaran demikian di SMA Al Hikmah Boarding School sudah berjalan sekitar 1 tahun. Faktor paling utama penunjang keberhasilan adalah unsur guru di dalamnya. Karena berasrama, maka dedikasi yang diberikan cukup tinggi. Mereka terus mendampingi setiap waktu.

Kedua, faktor Al Hikmah itu sendiri. Dengan lahan seluas 15 hektar, yang difungsikan gedung 5 hektar, maka sangat leluasa untuk melakukan banyak hal pendampingan kepada siswa. Praktek-praktek kewirausahaan bisa dijalankan dengan sempurna. Ada peternakan kambing, ikan, perkebunan, semua melibatkan siswa.

Ketiga, kenyamanan di Al Hikmah memang cukup istimewa. Dengan ketinggian 890 di atas permukaan air laut, maka kedinginan yang dirasakan benar-benar seperti di Eropa. Terlebih terletak di kaki bukit, suasana sangat sepi, setiap anak bisa leluasa untuk eksplorasi dalam ruang tanpa batas.

Jika Anda ke Batu Malang, sempatkan sejenak ke sekolah ini. Terletak di sebelah kanan jalan, masuk sekitar 5 menit. Keindahan dalam pendidikan akan benar-benar Anda rasakan. Atau jika ingin silaturahim bisa menghubungi call centre khusus tamu, +628113007055 (Call and WA). Alamat: Jl. Giripurno No. 145

suasana pagi di Al Hikmah Boarding School

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *