Cara Al Hikmah Batu Optimalisasi Pembelajaran di Rumah

school parent meeting Al Hikmah Boarding School

Ada beberapa hal menarik yang perlu kita tahu bersama tentang program pembelajaran di rumah. Yaitu school parents meeting di mana sekolah tetap mendapatkan update perkembangan siswa, pun orang tua bisa menyampaikan dinamika pembelajaran di rumah. Kesepakatan-kesepakatan yang dibentuk bersama tentu diharapkan dapat berlangsung optimal.

Terdapat delapan tahapan kegiatan yang akan dilakukan oleh pihak sekolah dan orang tua dalam rangka optimalisasi pembelajaran anak di rumah. Kegiatan ini populer disebut School parents meeting.

Sebenarnya hal ini dilaksanakan secara offline, namun karena adanya pandemi covid 19, sementara ini, school parents meeting akan dilaksanakan secara online di Al Hikmah Boarding School Batu.

Tahapan School Parent Meeting

Tahapan pertama sebelum diadakan evaluasi siswa dalam school parents meeting adalah pengumpulan data oleh wali kelas. Capaian-capaian siswa selama ini yang meliputi capaian angket ibadah, capaian target siswa akan diberikan kepada orang tua untuk kemudian dievaluasi.

Selanjutnya, orang tua akan mendapatkan angket baru yang harus diisi. Laporan dari terlaksana atau tidak terlaksananya kegiatan dalam angket, harus dilaporkan pada wali kelas melaui wa atau email.

Setelah semua angket terisi, maka tim kurikulum akan merumuskan capaian akademik siswa dan menerbitkan laporan perkembangan akademik. Laporan yang akan diberikan tentu berupa ketuntasan dan tagihan pembelajaran yang belum tercapai.

Jadi, laporan perkembangan akademik yang diberikan benar-benar menunjukkan kelebihan dan kekurangan siswa, sehingga para orang tua dapat mengerti potensi akademik anaknya dengan lebih baik.

Peran Wali Kelas dalam School Parent Meeting

Tema evaluasi perkembangan siswa akan diisi oleh wali kelas untuk kemudian diserahkan ke guru bagian bimbingan konseling atau BK. Laporan perkembangan siswa non akademik akan dibuat BK dari sumber data isian wali kelas.

Jadi, orang tua akan mendapatkan dua laporan, laporan akademik dan non akademilk sebelum diundang untuk mengikuti school parents meeting. Inilah hal menarik yang ada di Al Hikmah Boarding School Batu. Setiap siswa betul-betul diperhatikan potensinya, baik akademik maupun non akademik.

Dengan mengetahui keseluruhan laporan siswa, tentu akan lebih mudah bagi orang tua dan guru untuk mengarahkan bakat dan potensinya. Sehingga ketika lulus nantinya, siswa tidak akan bingung memilih jalur selanjutnya.

Al Hikmah Boarding School Batu

Mengeluarkan Potensi Terbaik Siswa

Banyak siswa yang kemudian masuk ke jurusan dan universitas yang bukan sesuai keinginannya, atau banyak siswa yang pada akhirnya tidak mencintai pekerjaan yang dilakukannnya. Inilah yang sejak awal ingin dihindari oleh pihak Al Hikmah. Sekolah berharap, siswa sudah dapat menemukan jati dirinya sejak duduk di bangku SMP dan SMA.

Setelah undangan school parents meeting dikirimkan, orang tua akan menjadwalkan sesi telfon atau video call dengan guru dan wali kelas. Komunikasi yang baik akan melahirkan sinergi yang kuat.

Dengan adanya obrolan antara orang tua dan guru, maka diharapkan kesepakatan-kesepakatan yang dibangun dapat dilakukan dengan lebih disiplin. Selanjutnya, orang tua akan mengisi form yang bertema komitmen orang tua dan mulai mendokumentasikan kegiatan pembelajaran di rumah.

Setelah beberapa minggu, wali kelas akan kembali mengevaluasi pembelajaran di rumah dan memberikan masukan-masukan bagi para siswa. Bila pembelajaran online memberatkan atau bila kesepakatan-kesepakatan yang ada perlu diperbarui, maka wali kelas dan orang tua akan kembali berembuk dan mengganti metode pembelajaran serta kesepatakan sesuai dengan kemampuan siswa.

Dengan demikian, diharapkan siswa tetap dapat membangun jiwa belajarnya di rumah dan memiliki kemerdekaan belajarnya sendiri.

 

 

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *