Kelebihan Boarding School dibanding Sekolah Umum

Memilih sekolah saat ini semakin sulit. Dengan pesatnya perkembangan teknologi di era modern ini, pengaruh lingkungan menjadi sangat besar dan semakin sulit untuk dikontrol. Hal ini membuat para orang tua semakin kesulitan memilihkan sekolah bagi anak-anaknya. Dan untuk menjawab kekhawatiran para orang tua ini, sekolah berbasis asrama atau boarding school kerap menjadi pilihan terbaik. Oleh sebab itu kami akan urai kelebihan boarding school dibanding sekolah umum.

  1. Lingkungan yang Terjaga dan Terkontrol

Seringkali orang tua khawatir dengan kebiasaan kids zaman now. Ini karena pengaruh lingkungan dan teknologi yang meracuni anak-anaknya. Tawuran, seks bebas hingga narkoba kerap menjadi momok bagi anak-anak usia sekolah. Dengan bersekolahnya mereka di boarding school, anak-anak akan terjamin lingkungannya karena bimbingan non-stop selama 24 jam. Selain itu akses terhadap konten-konten berbasis teknologi yang berpotensi memberikan pengaruh negatif ditiadakan. Mereka dikondisikan dalam lingkungan yang bersih dari pengaruh buruk dunia luar. Inilah yang kemudian bisa membuat orang tua menjadi lebih tenang menyekolahkan anaknya di boarding school.

  1. Anak Terbiasa Disiplin

Di boarding school kegiatan berjalan seakan tiada henti. Dari satu waktu ke waktu yang lain digunakan untuk mendidik para santri. Aktifitas bekelanjutan ini membuat anak-anak disiplin waktu dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Di samping itu, di boarding school ada peraturan-peaturan yang bertujuan untuk mendidik siswa, seperti interaksi dengan lawan jenis yang dibatasi, aturan penggunaan gadget, aturan berpakaian dan sebagainya. Karena sudah terbiasa, maka ketika mereka terjun ke masyarakat mereka akan menerapkan nilai-nilai kedisiplinan yang sudah diajarkan di boarding school. Para murid akan terbiasa tertib, rapi dan disiplin. Hal ini akan sulit ditemukan di sekolah umum.

  1. Jiwa Sosial dan Kemandirian yang Terasah

Ketika seorang anak masuk ke boarding school, ia tidak hanya berinteraksi dengan anak yang berasal dari satu daerah saja. Anak-anak yang bersekolah di boarding school berasal dari daerah yang berbeda dan memiliki latar belakang yang berbeda pula. Belum lagi watak dan sifat dari masing-masing anak yang tentu tidak sama. Dan lebih hebatnya lagi, mereka dituntut untuk tinggal bersama selama 24 jam tanpa bisa memilih-milih dengan siapa mereka tinggal. Mau tidak mau jiwa sosial anak akan benar-benar berkembang di sini. Selain itu dengan bersekolah di boarding school, para murid dituntut untuk mandiri. Tidak ada orang tua yang akan memanjakan mereka. Tidak ada pembantu yang menyiapkan segala keperluan sehari-hari. Mereka menjadi terbiasa untuk mandiri dan belajar untuk ‘berdiri di atas kaki sendiri’.

  1. Kurikulum yang Terintegrasi dengan Kehidupan Sehari-hari

Poin ini merupakan salah satu keunggulan paling kentara dari boarding school. Dengan murid yang tinggal 24 jam di dalam kampus, boarding school dapat mengatur kegiatan-kegiatannya sesuai dengan tujuan pendidikannya. Kurikulum yang dijalankan jadi tidak terbatas hanya pada apa yang diajarkan di kelas saja, melainkan juga apa yang dikerjakan selepas kegiatan sekolah. Boarding school bisa menambahkan kegiatan-kegiatan pendukung agar pencapai hasil belajar menjadi lebih baik. Biasanya masing-masing boarding school memiliki kekhasan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan anak ke level maksimal. Maka tidak heran jika kita sering mendengar berita murid-murid boarding school bisa berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

  1. Ekstrakurikuler yang Melimpah

Untuk mengisi kegiatan para murid, biasanya boarding school menyediakan banyak pilihan ekstrakurikuler untuk murid-muridnya. Mulai dari yang sifatnya akademik seperti les Bahasa asing, klub debat, dan klub diskusi. Atau juga yang sifatnya non-akademik, seperti seni kaligrafi, seni melukis, klub sepak bola, basket, renang dan sebagainya. Didukung oleh fasilitas-fasilitas yang terintegrasi dengan asrama murid-murid, kegiatan ekskul ini menjadi sarana pengembangan minat dan bakat murid secara signifikan. Selain itu, dengan tinggalnya mereka di asrama akan mempermudah mereka untuk bertemu dengan kawan-kawan yang memiliki ekskul sama, sehingga kemampuan mereka dapat meningkat pesat.

Dengan melihat kelebihan-kelebihan tersebut, maka tak bisa dipungkiri bahwa boarding school mengungguli sekolah umum. Salah satu contoh dari boarding school yang bisa dijadikan pertimbangan untuk tempat menuntut ilmu adalah Al Hikmah Boarding School Batu.

Letaknya di kawasan wisata Batu dengan ketinggian mencapai 890 mdpl, sehingga suhu udara begitu sejuk. Di boarding school ini pergaulan anak-anak benar-benar dijaga. Karena pendampingan berjalan selama 24 jam oleh guru yang sekaligus menjadi orangtua. Di Al Hikmah Boarding School rasio guru terhadap siswa adalah 1:5, sehingga pendampingan berjalan optimal.

Di atas tanah seluas 15 hektar, setiap siswa juga diberikan lahan untuk bisa mandiri dalam meneliti, berwirausaha, bahkan berkomunikasi. Setiap tahun ada agenda rutin yang menjadikan siswa mampu langsung berinteraksi dengan masyarakat.

Kedisiplinannya pun tidak perlu dipertanyakan lagi. Anak-anak yang bersekolah di dalamnya juga diarahkan untuk menjadi pribadi yang memiliki jiwa sosial dan kemandirian yang tinggi. Al Hikmah dikenal sebagai sekolah dengan penerapan disiplin tidak dengan pola semi militer. Namun unsur kesadaran bagi setiap siswa. Sehingga mereka berjalan secara natural.

Al hikmah boarding school juga istimewa karena menyeimbangkan antara aspek spiritual dan akademis. Akademisnya memiliki sistem self learning education. Atau penumbuhan jiwa kemandirian untuk belajar. Caranya adalah menemukan potensi akademik terbaik dari siswa sejak awal mula masuk.

Jadi tes masuk di al Hikmah boarding school melibatkan banyak elemen, seperti psikolog, ahli akademik, bahkan religi. Sehingga sudah teridentifikasi bahwa si Fulan memang lebih optimal jika diarahkan ke sini, si Fulan juga demikian. Inilah yang menurut kami aspek genuine. Oleh sebab itu Al hikmah Boarding School Batu memiliki banyak nilai lebih dibanding sekolah pada umumnya.

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *