Profil Darul Hikam Boarding School Mojokerto

Darul Hikam Boarding School ada di beberapa tempat. Ada Darul Hikam Boarding School di Lembang, ada juga Darul Hikam yang di Cirebon, juga ada di Bogor dengan nama yang sama. Namun kali ini kami akan mengulas Darul Hikam Boarding School Mojokerto.

Boarding School ini terletak di kecamatan Puri, Mojokerto. Sekitar lima belas menit dari terminal Mojokerto menuju arah Pacet yang dikenal sebagai tempat wisata pegunungan terbaik selain Malang di Jawa Timur. Suasana sudah pasti nyaman, jauh dari keramaian.

Darul Hikam memiliki jenjang pendidikan dari TK hingga SMA, namun yang paling menjadi favorit adalah jenjang SMP dan SMA. Di jenjang ini Darul Hikam menjadi salah satu favorit destinasi untuk wilayah Mojokerto dan Jawa Timur.

Biasanya pondok pesantren memiliki pendidikan MTS dan MA. Tapi pesantren yang dipimpin oleh KH. Maruhan Choteb justru tetap mengikuti standard diknas. Pendidikannya SMP dan SMA, namun dipadukan dengan pola pendidikan pesantren di asrama, menurut kami ini cukup unik.  Efeknya, pendidikan formal dan pesantren berjalan simultan.

Jumlah santrinya tidak begitu banyak, hanya sekitar 300 saja. Karena sedikit inilah pondok pesantren Darul Hikam memiliki fokus terhadap santrinya. Kyai sebagai pimpinan boarding school juga masih bisa menyentuh pembinaan santrinya satu persatu.

Kami akan jelaskan beberapa kelebihan utamanya.

Prestasi Darul Hikam Boarding School

prestasi darul hikam boarding schoolDarul Hikam Boarding School Mojokerto memiliki cukup prestasi yang membuatnya patut berbangga. Yang selalu kami temukan di banyak pemberitaan adalah terkait keberhasilannya meraih juara robotik tingkat Asia di Jepang, tahun 2017.

Prestasi ini ternyata karena ekstra kurikuler yang ada di pondok pesantren. Padahal ektra robotic adalah kegiatan yang lumayan mahal dan membutuhkan ketekunan cukup mumpuni. Artinya pesantren ini cukup baik dalam mengelola aktivitas ekstra santrinya.

Prestasi lainnya adalah keberhasilan meraih salah satu nilai tertinggi UAN pada tahun 2015. Artinya meskipun tidak setiap tahun mendapatkan nilai tertinggi, tapi pendidikan formal sudah menjadi perhatian cukup penting. Sehingga mendapatkan prestasi yang cukup baik.

Tahfidz Quran di Darul Hikam Boarding School

Hal kedua yang istimewa menurut kami adalah unsur tahfidz Quran di Darul Hikam Boarding School. Di pesantren putra putri ini setiap santri memiliki kewajiban tahfidz Quran. Namun setiap santri akan dikelompokkan terlebih dahulu berdasarkan kemampuan bacaan dan kemampuan menghafal.darul hikam boarding school

Tahap awal, santri akan dites bacaan quran terlebih dahulu. Ketika kami bertemu yai, salah satu ujiannya, meskipun santrinya berada di rumah karena belum datang masa pendaftaran, adalah video membaca al Quran yang terlihat semua badan. Video itu nantinya dikirimkan sebagai ujian masuk.

Jika bacaan belum baik, akan masuk ke grup tahsin. Perbaikan al Quran terlebih dahulu. Jika sudah bisa, masuk ke grup tahfidz yang dasar. Yaitu satu semester hanya diwajibkan ½ juz saja. Artinya satu tahun satu juz.

Jika lebih tinggi, kemampuan akan ditingkatkan ke tahfidz intensif. Setiap semester kewajiban menghafal antara 1-2 juz. Sehingga setiap santri akan memiliki hafalan rata-rata dalam tiga tahun sebanyak enam juz minimal, 12 juz maksimal.

Lain lagi jika mengikuti program khusus tahfidz, dalam lima tahun akan ditempa untuk hafal 30 juz. Menurut kami cukup istimewa karena terus berdampingan dengan pendidikan formal yang ada di Darul Hikam Boarding School.

Pendampingan Akhlaq di Darul Hikam

Pesantren ini memiliki pendampingan akhlaq santri yang cukup bagus. Setiap santri yang masuk diidentifikasi akhlaqnya. Kalau sangat belum layak, akan dipindah ke pesantren mitra yang memiliki fasilitas lebih rendah, tentu dengan diskusi bersama wali murid.

Untuk terapi anak juga menggunakan dzikir. Harus dzikir lebih banyak, harus sampai seratus kali membaca ini dan itu. Bahkan saya mendapati pimpinan pondoknya ketika menghukum santri, justru memintanya shalat sunnah sepuluh rakaat. Wah, baru ini kami menemukan.

Ketika kami tanyakan, apa maksudnya, “Semoga Allah yang memberikan hidayah, dan anak ini lebih menikmati shalat.”

Kesempatan Kuliah di Luar Negeri

Darul Hikam Boarding School juga memiliki biro pendidikan luar negeri. Wilayah seperti Eropa, Turki, kemudian Timur Tengah, Yordania dan Mesir sudah menjadi langganan pendidikan lanjutan dari pesantren Darul Hikam Boarding School.

Oleh sebab itu lulusan pesantren ini cukup mudah melanjutkan pendidikan di luar negeri. Pihak Boarding School juga menyiapkan pendampingan intensif untuk siswa. Jika ke Barat, bahasa Inggris dimapankan, jika ke Timur bahasa Arab dimantapkan. Biasanya mulai kelas 11.

Kyai Darul Hikam Boarding School

Kyai Darul Hikam Boarding School Mojokerto ini cukup istimewa. KH. Masruhan Choteb adalah imam masjid resmi di Singapura. Beliau adalah hafidz Quran dengan suara yang indah. Bisa dilihat videonya di link youtube berikut.

Sehingga bisa dimaklumi bahwa pesantren ini memiliki unsur istimewa di Tahfidz Quran. Intensitas Kyai di pesantren juga tergolong tinggi. Mendampingi santri-santri di pondok pesantren setiap kali setoran hafalan adalah hal yang sering dilakukan.

Kekurangan Darul Hikam Boarding School

Dari sekian kelebihan, pasti ada kekurangan. Pesantren ini memiliki kapasitas tidak banyak. Kami melihat jika banyak santri yang hadir belum cukup. Meskipun proses pembangunan terus berjalan, tapi menurut kami harus diwaspadai.

Kedua, pesantren ini memiliki fasilitas yang standard jika dibandingkan banyak boarding school yang mahal. Tapi menurut kami sangat cukup. Kamarnya bisa untuk berlima atau lebih dengan kamar mandi ada satu di dalam. Makannya tiga kali sehari dengan lauk yang cukup proporsionil. Siang, menggunakan sayur, tempe, tahu. Makanan lebih enak ketika malam.

Namun hal ini wajar mengingat biaya pendaftaran cukup ramah di kantong, Rp. 6.000.000,-an. Bandingkan dengan boarding school lainnya yang sudah menarif hingga puluhan juta rupiah. Artinya yang ditonjolkan Darul Hikam adalah pendidikan, bukan fasilitas.

Oleh sebab itu Darul Hikam Boarding School layak dijadikan pertimbangan bagi yang ingin memasukkan ke pondok pesantren. Info lengkap bisa menghubungi 0811-3520-100. Akan ada ustadzah yang melayani dengan ramah.

 

 

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *