Profil SMP Al Hikmah Boarding Life Batu

Smp Al Hikmah Boarding School Batu

SMP Al Hikmah Boarding Batu Mastery Learning

SMP Al Hikmah Boarding School Batu belum lama ini dibuka. Awalnya Al Hikmah hanya membuka SMA Boarding School sebagai pengantar untuk masuk ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi yang lebih baik. Namun seiring bergulirnya waktu, Al Hikmah Boarding School memandang perlunya hadirkan SMP Boarding School di Batu di tahun 2020/2021.

Al Hikmah dari dulu sudah dikenal sebagai salah satu Lembaga Pendidikan di Surabaya yang mampu mengantarkan anak didiknya berprestasi nasional dan internasional. Bahkan diantarkan menjadi pribadi yang berbudi dengan Pendidikan islami dan Al Quran, juga sekaligus menjadi pribadi yang berprestasi.

fasilitas SMP Al Hikmah Boarding Batu

SMP Al Hikmah Boarding Akil Baligh

SMP Al Hikmah Boarding School berada di lereng gunung Arjuno Batu Jawa Timur. Pesona alamnya cukup luar biasa, sehingga jika berada di tempat ini seperti berada di alam wisata pegunungan yang sejuk disertai dengan suara gemericik air dari gazebo yang ada di dalamnya. Indah. Dari tempat ini pula bisa dengan sempurna melihat gemerlap batu di waktu malam.

Al Hikmah sedari awal memahami bahwa SMP merupakan proses Pendidikan untuk mengantarkan anak menghadapi masa aqil baligh. Masa ini adalah transisi yang paling berat. Menyadarkan bahwa setiap orang mengalami perubahan tanggung jawab di hadapan sang Pencipta. Sebelumnya ia belum menanggung dosa, kini segala amal perbuatannya harus dipertanggung jawabkan di hadapan Allah. Inilah titik utama yang menjadi fokus Pendidikan.

Oleh sebab itu Pendidikan yang ada di SMP Al Hikmah Boarding Batu lebih kepada menumbuhkan kesadaran siswa akan tujuan penciptaan dan hakikat kehidupan yang ada di dunia ini. Sehingga seringkali digunakan Bahasa seperti Allah menciptakan langit dan bumi. Bahasa-bahasa demikian difungsikan sebagai penjelasan materi dalam mata pelajaran.

Dengan kata lain tujuan paling utama dari hadirnya sekolah SMP Al Hikmah Boarding School Batu adalah menyiapkan anak yang shaleh. Pembentukan-pembentukan yang ada di dalamnya akan menuju pada satu tujuan tersebut. Shaleh berarti mampu beragama dengan baik kepada dirinya, orang lain, lingkungannya, masyarakatnya, juga kepada Rasul-Nya.

kelas di Al Hikmah Boarding Batu
Pembekalan siswa Al Hikmah di kelas

Pola dan Metode Pembelajaran di SMP Al Hikmah Boarding

Al Hikmah Surabaya yang menaungi Al Hikmah Boarding School Batu dikenal memiliki pola dan metode pembelajaran yang berbeda. Dulu di tahun 1991, Al Hikmah Surabaya sudah mencetuskan full day school saat di mana orang belum mengenal itu. Waktu itu dianggap penyiksaan di sekolah. Tapi Al Hikmah terus berjalan, dan kini menjadi kiblat Pendidikan.

Begitu juga degan SMA Boarding School Batu, Al Hikmah sudah menerapkan pola merdeka belajar di saat yang lain belum menerapkannya. Sehingga saat masa virus covid-19 menyebar, dinas Pendidikan menyebarkan prinsip tersebut, Al Hikmah Boarding School sudah siap dan menjadi rujukan.

Kini SMP Al Hikmah Boarding Life memiliki pola yang juga baru. Pendekatannya adalah potensi yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Potensi tersebut bukan sebagai pengembangan minat dan bakat, namun lebih kepada pengembangan pola pembelajaran pada diri siswa tersebut.

merdeka belajar Al Hikmah Batu

Hebatnya adalah SMP Al Hikmah Boarding School akan mengidentifikasi kemampuan dan gaya belajar masing-masing siswa yang berbeda-beda. Bahkan apa yang mereka butuhkan akan dikenali. Tipe visual, atau tipe lainnya menjadi bahan awal pendekatan kepada siswa.

Barulah kemudian guru akan membantu siswa menyesuaikan model pembelajaran mereka untuk mencapai target tujuan belajarnya. Misalkan ada siswa yang bisanya belajar sendirian, maka akan difasilitasi. Bisa justru belajar sama-sama, juga akan diberikan ruang untuk belajar Bersama beberapa orang. Sehingga perkembangan siswa tersebut menjadi optimal.

Bahkan siswa pada akhirnya secara mandiri Menyusun target mereka dalam belajar. Materi apa yang ingin lebih difokuskan. Siswa memutuskan waktu belajar. Teman dan guru memberikan dukungan. Tidak lupa hadirnya modul belajar dalam bentuk aplikasi menjadi daya ungkit tersendiri. Model ini di Al Hikmah Boarding Batu disebut Self Managed Learning.

Kurikulum Berbasis Mastery Learning

Di sekolah pada umumnya, pembelajaran berbasis pada waktu. Satu semester, dua semester. Ketika waktu itu habis, kesempatan untuk belajar pun pada akhirnya sudah habis. Siswa mampu atau tidak mampu tidak dipedulikan, bisa atau tidak bisa akan ditinggalkan. Semua berakhir pada ujian, dan ditentukan dengan nilai. Di SMP Al Hikmah Boarding Life Batu tidak demikian.

Setiap anak memiliki kemampuan penguasaan yang berbeda. Begitu juga dengan waktu yang dibutuhkan untuk menguasai pembelajaran tersebut. Maka waktu yang dihabiskan untuk masing-masing anak akan berbeda pula. Al Hikmah membalik prinsip dari berbasis waktu, menjadi berbasis penguasaan. Artinya setiap anak akan menguasai materi tapi dengan waktu yang berbeda-beda.

Setiap topik pembelajaran siswa dibimbing untuk menguasai materi 100 persen. Ketika Ahmad membutuhkan waktu lebih Panjang, maka akan ada pendampingan lebih intensif. Yang cepat menguasai, dia bisa leluasa untuk belajar materi yang lain. Namun pada prinsipnya setiap anak mencapai target penguasaan, bukan target waktu.

suasana mengaji di SMP Al Hikmah Boarding Batu

Pola demikian sangat mungkin dilakukan karena SMP Al Hikmah Boarding School Batu memiliki system asrama. Sehingga ketika satu individu belum menguasai satu materi tertentu, di luar jam kelas bisa diadakan bimbingan oleh guru yang juga tinggal di lingkungan sekolah. Bisa sore hari, bisa malam. Hal demikian disebut dengan mastery learning.

Kelebihannya adalah, program mastery learning SMP Al Hikmah Boarding Batu menjadikan setiap siswa memiliki kemampuan yang hampir merata. Meskipun usaha untuk masing-masing siswa berbeda. Ada yang berat, ada yang cepat.

Artinya bisa jadi anak yang memiliki kemampuan biasa menjadi istimewa di SMP Al Hikmah Boarding School. Karena cara sentuhannya berbeda, tidak disamakan antara satu siswa dengan yang lain. Bahkan ruangannya pun dibedakan. Setelah pembelajaran Bersama, ada fasilitas khusus yang sesuai dengan karakter masing-masing siswa.

Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran di Al Hikmah Boarding

Yang terpenting dari semua untuk siswa SMP adalah pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam. Dalam masa Aqil Baligh, internalisasi nilai-nilai tersebut menjadi kunci utama mengantar anak bisa memahami status dirinya di dunia.

Internalisasi nilai-nilai tersebut berwujud tidak sebatas pembelajaran ibadah seperti shalat, namun juga terinternalisasi di dalam setiap mata pelajaran. Sehingga nuansa Islam sangat kental meskipun sedang belajar mata pelajaran matematika sekalipun.

Jika belajar biologi maka setiap siswa harus menyadari bahwa segala hal merupakan kekuasaan Allah, atas kehendaknya dalam menciptakan alam semesta. Kemudian didekatkan dengan alam. Melihat yang ada di sekitar, melihat pagi, sembari menjelaskan proses ilmiah.

Hal-hal demikian akan lebih mendekatkan siswa kepada Allah. Nantinya akan dikombinasikan dengan pembelajaran agama Islam yang sudah terstruktur di asrama. Penguatan aqidah, pembelajaran ibadah, yang dilaksanakan melalui taklim rutin di masjid dan halaqah-halaqah.

Gedung Utama SMP Al Hikmah Boarding School Batu

Terutama Pendidikan adab. Yaitu Pendidikan bagaimana bersikap, berperilaku kepada sesama. Juga bagaimana menghormati orang tua dan guru menjadi inti pembelajaran yang dipraktekkan dalam keseharian. Bahkan bagaimana menghormati alam juga menjadi perhatian.

Terakhir adalah Pendidikan Al Quran. Pendidikan Al Quran di SMP Al Hikmah Boarding School dilaksanakan melalui program baca tulis Al Quran, hingga tahfidz yang direncanakan hingga 30 juz. Namun disesuaikan dengan target dan kemampuan personal. Sehingga antara Pendidikan formal yang ada di kelas dangan Al Quran berjalan beriringan.

Pola pembelajaran demikian akan menjadikan siswa terasa nyaman karena berada pada tempat yang sangat istimewa, yaitu lereng gunung. Kemampuan siswa juga akan optimal karena pendekatan yang dilakukan lebih spesifik, dan tentu saja siswa akan merasakan pergaulan Bersama teman dari seluruh Indonesia.

 

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *