Sejarah SMA Al Hikmah Boarding School Batu

Berdiri sejak 1989, Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Al Hikmah memiliki sejarah panjang dalam dunia pendidikan. Berbagai sekolah dibangun berlandaskan konsep sekolah kader, di  mana tujuan akhirnya melahirkan calon pemimpin di masa depan. Merealisasikan tujuan itu, berbagai upaya dan pendekatan dilakukan.

Dimulai dari penerapan sistem sekolah full day school. Al Hikmah menjadi salah satu pionir dari konsep sekolah sehari tersebut – yang belakangan menjadi rujukan sekolah-sekolah di Indonesia. Dengan sistem ini, para murid akan memiliki aktivitas penuh di sekolah. Selain itu, pihak sekolah bisa membentuk karakter siswa sedikit demi sedikit. Berharap akan lahir alumni yang sesuai dengan visi dan misi dari Al HIkmah.

Selama seperempat abad konsep full day  ini terus diterapkan. Namun, muncul rasa ketidakpuasan setelah melalui evaluasi panjang. Alumni yang dicetak masih belum sepenuhnya terwarnai dengan sistem pendidikan itu. Karena mereka ini perlu dibekali pengetahuan, sikap dan keterampilan hidup agar siap menjadi pemimpin di masa depan. Belum lagi, masih ada pengaruh negatif yang diterima murid dari lingkungan sekitarnya selepas pulang sore hari.

Pengalaman 30 Tahun Al Hikmah

Berdasarkan pengalaman itulah, Al Hikmah berkeinginan menghadirkan konsep pelayanan pendidikan yang lebih paripurna. Salah satu jalan keluarnya dengan menerapkan sistem pondok, asrama atau boarding school. Ide ini disepakati oleh seluruh YLPI Al Hikmah dan dibuatlah rancangan untuk membangun SMA Al Hikmah Boarding School, Batu.

Kepala sekolah SMA Al Hikmah Boarding School Dr. Edy Kuntjoro, M.Pd, bersama beberapa pengurus ditunjuk menjadi tim pendirian sekolah. Bukan perkara mudah. Sembari mengurus izin operasional sekolah, mereka juga melakukan proses belajar ke sejumlah lembaga pendidikan yang lebih dahulu menerapkan model pendidikan boarding school. Di antarnya, Pondok Modern Darussalam Gontor, Pondok Pesantren Riyadhul Jannah Pacet, Pondok Nurul Jadid Paiton Situbondon, Sekolah Insan Cendekian Serpong Jawa Barat, Al Kausar Boarding School Sukabumi dan SMA Krida Nusantara Bandung.

Dari proses belajar inilah terwujudlah rumusan matang sistem pendidikan boarding school yang diinginkan. SMA Al Hikmah Boarding School secara resmi memulai operasionalnya pada tahun ajaran 2018-2019.

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *