SMA Al Hikmah Boarding Batu dan Fukuoka Jepang

Jalan-jalan tanpa membawa makna dan hasil tentu tidak sesuai dengan nilai-nilai yang diusung lembaga pendidikan ini. Ya, Al Hikmah Batu memiliki agenda besar di penghujung April ini yang sayangnya harus tertunda karena wabah pandemik covid 19.

Dalam dua tahun berdirinya, Al Hikmah Batu memiliki agenda besar studi banding. Tidak tanggung-tanggung, studi bandingnya akan dilaksanakan di Fukouka, Jepang.

Agenda Studi Banding Siswa Al Hikmah

Sebelum agenda studi banding ke Jepang, Al Hikmah sudah mengadakan beberapa studi banding ke negara-negara lain. Beberapa diantaranya adalah Turki, Kanada dan Australia.

Beberapa jaringan alumni yang sudah bersekolah di Inggris dan Prancis juga memberikan kesempatan pada siswa-siswa Al Hikmah untuk berkunjung kesana. Tentu tawaran-tawaran studi banding seperti ini akan banyak membuka khazanah pengetahuan siswa.

Program studi banding dari Al Hikmah Boarding Batu memiliki tiga tempat belajar. Untuk negara Jepang ini, Al Hikmah bekerja sama dengan salah satu travel yang memiliki visi dan misi pendidikan yang sejalan.

Tiga Tempat Studi Banding di Jepang

Terpilihlah daerah Fukouka sebagai tempat studi banding para siswa. Adapun lokasi belajar yang dipilih adalah pabrik industri Toyota dan Aiwa, sekolah seperti Universitas Fukouka dan sekolah-sekolah dasar, menengah dan atas di Jepang. Lokasi terakhir yang juga sangat digemari siswa adalah kunjungan ke Masjid Jami Fukouka.

Mengapa tempat ibadah merupakan tempat yang menarik minat siswa untuk dikunjungi? Hal ini disebabkan, minornya pemeluk agama Islam di Jepang.

Selain itu, siswa juga tertarik dengan konsep dakwah yang dijalankan oleh takmir masjid yang sedikit banyak mampu memancing rasa penasaran warga Fukouka akan Islam.

Sedikit cerita menarik dari program studi banding ini adalah surat resmi yang diberikan oleh imam besar Masjid Fukouka kepada pihak Al Hikmah Batu. Mereka sangat antusias untuk menyambut siswa-siswa Al Hikmah dan siap berbagi tentang kehidupan muslim – muslimah disana.

Sementara itu, untuk program pertukaran pelajar di universitas dan sekolah, pihak Al Hikmah dan sekolah-sekolah di Fukouka sepakat untuk melakukan program sister school.

Apa itu sister school? Ini bermakna, pihak Al Hikmah Boarding School Batu juga membuka diri bila ada balasan kunjungan dari sekolah-sekolah yang telah dikunjungi di Jepang. Tentu semakin seru bukan bila siswa-siswa dari berbagai belahan dunia berkunjung ke sekolahmu, inilah yang menjadi target Al Hikmah Boarding School Batu selanjutnya, berharap Al Hikmah memiliki wawasan dan relasi internasional sehingga akses para alumnusnya semakin mudah untuk mampu berperan besar di masyarakat.

Bagi kunjungan  ke Universitas, tentu pihak kampus juga membuka diri untuk pendaftaran siswa dari jalur mandiri dan prestasi. Campus tour menjadi hal yang sangat menarik untuk diikuti.

Sementara itu, untuk studi banding ke sekolah-sekolah, selain mempelajari cara belajar siswa Jepang, siswa Al Hikmah juga membawa berbagai permainan tradisional dan alat musik agar studi banding memberikan kesan.

studi banding boarding school
Masjid Fukuoka

Meningkatkan Daya Saing Siswa Al Hikmah Boarding School

Tak ingin ketinggalan agar siswa Al Hikmah Boarding School dapat bersaing dengan baik saat sudah berkecimpung di dunia kerja, studi banding ke industripun dilakukan. Hal ini agar siswa dapat mengetahui bagaimana budaya kerja sebelum era 4.0 dan sesudah era 4.0.

Pengenalan hal semacam ini sangat penting, sekalipun tugas utama siswa masihlah belajar. Hal ini disebabkan karena segala sesuatu, termasuk budaya kerja sangatlah cepat. Bila kita lambat, tentu kita akan tertinggal.

Dengan adanya perubahan budaya kerja yang cepat membuat para siswa menyadari, mereka harus belajar keras setiap hari, karena kampus-kampus terbaik dan pekerjaan-pekerjaan terbaik hanya akan didapatkan bila kita telah belajar dengan baik.

Adapun siswa yang berhak mengikuti studi banding memang dipilih secara ketat. Pihak Al Hikmah Boarding School Batu memastikan hanya siswa-siswa terbaiklah yang akan dikirim studi banding. Dengan adanya motivasi seperti itu, para siswa makin giat belajar dan membiasakan diri melakukan kebiasaan baik.

Tentu pergi keluar negeri adalah bonusnya, sementara apa yang telah didapatkan siswa dengan kebiasaannya itu jauh lebih berharga dari sekedar pergi keluar negeri. Al Hikmah Boarding Batu juga berharap, agar kedepannya semakin banyak negara yang mau menerima studi banding dari Al Hikmah sehingga pengetahuan dan wawasan siswa jadi bertambah.

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *