SMK Boarding Tahfidz di Lamongan | Jawa Timur

SMK Boarding Tahfidz tidaklah banyak di Indonesia. Hanya sedikit yang mampu melaksanakan sistem pembelajaran ini. Tidak hanya persoalan anak-anak SMK umumnya fokus kerja praktek, tapi juga persoalan bagaimana menjadikan siswa SMK Boarding tersebut bisa menghafal Quran adalah tidak mudah.

Tapi hal ini kami temukan salah satunya di Lamongan. Tepatnya di desa Payaman kecamatan Solokuro Lamongan Jawa Timur. SMK Boarding School di Jawa Timur ini cukup menarik karena di desa terpencil justru menghasilkan SMK Boarding dengan tambahan pendidikan hafalan Al Quran.

Profil SMK Boarding Darma Plus

SMK Boarding ini berdiri pada tahun 2006, tapi basis pesantrennya sudah berdiri sejak 1940. Ya sudah termasuk lama dibandingkan dengan pesantren-pesantren lain di Lamongan. Nama pesantrennya Daarul Ma’arif. Dari sinilah nama Darma itu muncul. Singkatan dari Daarul Ma’arif.

Arti Daarul Ma’arif adalah tempat ilmu. Dan memang benar-benar tempat menimba ilmu. Karena setiap santrinya diberikan tiga hal utama. Pertama adalah pendidikan adab melalu buku ta’limul muta’alim. Setiap siswa harus tahu arti hormat menghormati.

Kedua adalah pembelajaran Aqidah melalui buku Jawahirul Kalamiyah. Aqidah memiliki dasar kuat agama. Sedangkan dalam fiqh, siswa belajar dengan kitab Sittiina Mas’alah. Sehingga siswa tahu bagaimana melaksanakan ibadah dengan baik.

Siswa juga wajib bisa membaca Fathul Qarib beserta artinya. Ini istimewa sekali. Karena buku ini sangat penting dalam memahami agama Islam.

Cara belajarnya pun menggunakan metode khas NU, yaitu sorogan, dan bandongan. Ngaji dengan pola demikian memiliki kelebihan kedekatan dengan kyai dan pemahaman yang utuh. Karena langsung diuji oleh sang kyai di pesantren.

SMK Boarding di Lamongan

Jurusan SMK Boarding Lamongan

Selain sebagai santri, kewajiban siswa tentu belajar di SMK Pesantren Darma Plus. Masuknya dari pagi hingga dhuhur. Selepasnya istirahat, hingga kegiatan dilanjutkan pukul 15:00 untuk kembali pada kegiatan pesantren.

Jurusannya menurut kami istimewa. Pertama jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Jurusan ini ujungnya akan menjadi teknisi komputer bahkan bisa menjadi programmer. Salah satu alumninya, Rizqi alumni 2013 menjadi programmer di PT. Pelindo III.

Keuda jurusan teknik sepeda motor atau automotif. Jurusan ini memiliki sebaran menjadi teknisi sepeda motor di dealer terkemuka seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki. Jurusan ini paling banyak dibutuhkan di dunia kerja.

Jurusan terakhir adalah Bisnis Daring dan Pemasaran. Jurusan ini biasanya dihuni oleh perempuan. Yang istimewa sebenarnya pendidikan di Bisnis Daring, yaitu pemahaman akan teknik pemasaran di dunia online dan lain sebagainya.

Tentu kelebihan dari SMK Boarding di Jawa Timur ini adalah faktor mereka di asrama. Berada dalam lingkungan pendidikan selama 24 jam menjadikan siswa bisa mengembangkan kemampuan diri, atau bahkan mendalami bidang belajarnya lebih jauh. Sehingga banyak yang menjadi SDM terampil di perusahaan. Bahkan ada yang diterima di Transmedia. Perusahaan media besar di Indonesia.

tahfidz quran di smk boarding jawa timur

SMK Boarding Plus Tahfidz Quran

Yang paling istimewa dari SMK Boarding ini sebenarnya adalah plus tahfidz Quran. Jadi selain pendidikan kejuruan yang tadi sudah disebutkan, juga ada kewajiban untuk menghafal Quran. Kewajibannya pagi dan malam hari.

Keduanya diambil waktu untuk melakukan hafalan dan setor hafalan. Kewajibannya setiap tahun 10 juz. Artinya satu bulan sekitar 1 juz. Dari wawancara kami, banyak yang bisa melakukan asal fokus pada pendidikan yang sudah dijadwalkan.

Caranya setiap pagi dan malam dikondisikan untuk menghafal. Ada yang bersama teman. Saling berhadap-hadapan. Ada yang setoran kepada ustadz pembimbing, ada juga yang langsung pada kyai. Tergantung jadwalnya.

Karena tahfidz Quran inilah banyak siswa justru mendapatkan banyak nilai plus. Bahkan mereka nantinya akan menggantikan jadwal kyai menjadi imam di masjid-masjid sekitar di waktu bulan Ramadhan. Cara demikian menjadikan hafalan siswa melekat.

Fasilitas SMK Boarding Darma Plus

Masalah fasilitas, bisa dikatakan SMK Boarding ini memang benar-benar bermodel pesantren. Setiap siswa akan mendapatkan kamar dengan lima orang anak. Ada juga yang sepuluh, tergantung ukuran kamar. Tapi jangan membayangkan mewah, biasa saja. Bukan seperti boarding school mewah lainnya.

Untuk asramanya satu gedung dengan tempat tinggal para guru. Keluarga guru di lantai satu. Sedangkan lantai dua adalah asrama siswa. Jadi pendampingannya sangat intensif. Terutama kekeluargaan juga muncul sangat erat.

Untuk masalah gedung sekolah, berada di satu wilayah dengan asrama. Bentuknya dua lantai, melingkar, seperti stadion. Sering dijadikan tempat hajatan besar. Seperti pertunjukan kyai Kanjeng, kemudian lomba drum band Jawa Timur, juga kunjungan tamu negara seperti Luhut Panjaitan.

Untuk makan disediakan tiga kali. Teratur. Sehingga setiap siswa terlihat tidak kekurangan dalam hal makanan sehari-hari.

SMK Boarding Murah Lamongan Jawa Timur

Yang membuat kami geleng-geleng kepala adalah biaya SMK Boarding murah, Rp950.000 untuk daftarnya, sedangkan bulanan hanya Rp550.000. Menurut kami biaya demikian cukup murah. Terutama karena sudah termasuk biaya pesantren, plus dengan SMK Boarding.

Oleh sebab itu SMK Boarding di Lamongan ini banyak yang masuk dari kalangan menengah, juga masyarakat yang menginginkan pendidikan baik namun tidak mahal.

Setelah kami telusuri, salah satu sebabnya adalah unit usaha yang dimiliki pesantren. Unit usaha inilah yang menopang biaya operasional pesantren, sehingga biaya menjadi murah.

Daftar SMK Boarding Darma Lamongan

Untuk pendaftaran SMK Boarding Darma Lamongan, cukup hubungi ustadzah Eli di nomor 0856-0446-0517. Anda tanyakan saja informasi jika masih ada yang mengganjal. Akan dibalas melalui telepon atau WhatsApp. Atau ingin janjian datang ke pesantren, dan bertanya-tanya.

Bahkan kalau Anda bingung ketika sudah di Lamongan, bisa hubungi nomor tersebut, minta jemput saja.

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *