SMP Islamic Boarding School di Jantung Surabaya

Di Surabaya banyak tersebar Full Day School, seperti Al Hikmah Surabaya, Muhammadiyah Pucang, Khadijah, dan lain sebagainya. Namun demikian jika bicara Islamic Boarding School di wilayah kota Surabaya, maka bisa dihitung dengan jari. Salah satunya adalah Islamic Boarding School Hidayatullah, atau yang dikenal dengan Luqman Hakim. Terutama SMP-nya.

SMP ini bernama Luqman Hakim. Namun demikian seringkali banyak orang menyebutnya SMP Hidayatullah. Seperti kami pun pengelola boardingschool.id lebih mengenal SMP Hidayatullah Surabaya. Hal ini disebabkan Luqman Hakim memang dikelola oleh Hidayatullah. Ormas Islam besar yang memiliki banyak pondok pesantren di Indonesia, juga majalah bernuanasakan keislaman kental.

SMP Islamic Boarding School di Surabaya

SMP Luqman Hakim sesungguhnya memiliki dua jenis pendidikan, full day school seperti layaknya sekolah favorit Islam lainnya, satu lagi adalah boarding school. Menurut kami yang boarding school memiliki keistimewaan sendiri.

smp luqman hakim hidayatullah Surabaya
Dilihat dari depan SMP Luqman Hakim Surabaya

Alasannya, SMP Boarding Islam Surabaya tidak banyak. Biasanya boarding school berada di wilayah jauh dari kota. Alasan ketenangan, kemudian kesejukan, dan lain sebagainya. Di Jawa Timur Boarding School banyak tersebar di wilayah Mojokerto, dan kota Batu, Malang. Tapi SMP Luqman Hakim justru berada di jantung kota Surabaya.

Letaknya sangat strategis. Jika Anda tahu kampus ITS, maka tidak jauh dari kampus teknik terbaik di Jawa Timur tersebut. Tepatnya sekitar 5 menit ke barat. Atau jika Anda tahu hunian mewah Pakuwon Surabaya, maka letaknya lebih dekat. Oleh sebab itu cukup banyak yang sekolah di Hidayatullah.

Memang yang paling istimewa adalah unsur keislaman yang ada di dalamnya. SMP Luqman Hakim dengan induk Hidayatullah, memiliki pengalaman dalam membina santri di pondok pesantren. Dari unsur internalisasi nilai, hingga pengamalan sangat terlihat.

Ciri-cirinya mudah. SMP Islamic Boarding School di Surabaya ini memiliki masjid yang kokoh dan besar sebagai jantung pendidikan pesantren. Tidak semua sekolah Islam demikian. Masjid adalah jantung pendidikan, semua pesantren berawal dari masjid, bukan dari kelas. SMP Luqman Hakim demikian. Jika Anda masuk ke dalam lingkungan, yang terlihat cukup besar adalah kubah masjid.

Kelebihan SMP Boarding School Luqman Hakim

Selain unsur religius yang menjadi identitas, Luqman Hakim dalam sudut pandang kami memiliki beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan bagi para pencari Boarding School di Surabaya. Pertama adalah prestasi.

Biasanya orang yang ingin memasukkan anak ke Islamic Boarding School mempertimbangkan prestasi, hanya ngaji saja. Tapi SMP Luqman Hakim memiliki banyak siswa berprestasi baik di tingkat lokal, provinsi, nasional, bahkan internasional.

Beberapa prestasinya adalah, juara 1 Olimpiade Matematika XVII SMP/MTs HIMATIKA di Darul Ulum Lamongan 2019. Bahkan mendapatkan perunggu di Matematika Olimpiade Sains Nasional tingkat SMP di Yogyakarta 2019. Pada bidang robotic SMP Luqman Hakim meraih Fantastic 5 3rd place robocup junior rescue line Robocup Singapore Open 2018. Belum cukup, masih ada medali perunggu pada International Islamic School Robot Olympiad 2018 di Malaysia. Dan beberapa medali lainnya.

Artinya pendidikan formal dan pendidikan boarding school di asrama berjalan dengan seimbang. Dengan demikian tidak terlalu khawatir kalau anak nantinya tidak berprestasi.

Tahfidz Quran di SMP Surabaya

Boarding School Tahfidz Quran

Namun demikian jika merujuk kepada jenjang boarding school, menurut kami yang paling istimewa adalah unsur tahfidz qurannya. Di sinilah identitas Hidayatullah sebagai pengelola lembaga pendidikan terlihat jelas.

Kehidupan di asrama yang dua puluh empat jam membuat pengkondisian siswa lebih mudah. Siswa selepas subuh akan ada program intensif tahfidz Quran. Tidak cukup sampai di situ, selepas isya juga ada pendidikan intensif untuk tahfidz quran.

Jika membaca Quran masih belum baik, siswa diminta mengikuti program tahsin terlebih dahulu. Sampai bacaannya standard, memahami tajwid. Diuji, barulah kemudian diperbolehkan untuk menghafal. Artinya tidak langsung bisa menghafal Quran.

Pendampingan dilakukan oleh syeikh, bukan oleh guru biasa. Kami berkesempatan melihat prosesnya. Mungkin programnya dipola demikian agar menjaga kualitas tahfidz Quran. Makhraj, sampai bacaan benar-benar dijaga dengan baik.

Jika masuk program takhassus, atau khusus menghafal Quran, maka waktu untuk menghafal 30 juz al Quran hanya dua tahun. Namun selepas dua tahun tersebut bukan berarti masa pendidikan selesai. Masih ada satu tahun waktu yang harus diselesaikan.

Satu tahun tersebut digunakan khusus untuk murajaah. Yaitu mengulang-ulang hafalan agar benar-benar tertanam di kepala siswa. Maka menurut kami pola demikian membuat hafalan memiliki kualitas cukup baik. Meskipun secara waktu akumulatif menjadi tiga tahun.

Dalam sudut pandang boarding school di tengah kota, Luqman Hakim adalah salah satu destinasi pendidikan yang bisa dipertimbangkan. Apalagi jika Anda berada di wilayah Surabaya. Untuk menjenguk santri tidak perlu harus jauh-jauh ke luar kota.

smp islam swasta putri surabaya

Kekurangan SMP Luqman Hakim Surabaya

Berbicara sekolah tidak ada yang sempurna, selalu ada kekurangan. Begitu pula dengan SMP Luqman Hakim Hidayatullah Surabaya. Islamic Boarding School di Surabaya ini juga memiliki kekurangan yang patut dipertimbangkan.

Dalam aspek fasilitas, SMP Luqman Hakim tidak wow. Standard Islamic Boarding School di Surabaya. Kelas dan lain-lain tersedia dengan baik. Namun jika berbicara keindahan tempat, atau sampai fasilitas olah raga semacam kolam renang belum hadir. Bagi Anda yang mempertimbangkan fasilitas, lebih baik berkunjung dulu saja dan melihat-lihat.

Biaya SMP Luqman Hakim Hidayatullah Surabaya

Untuk biaya, standardnya kota. Pendaftaran mencapai angka dua puluhan juta. Jika dibandingkan sekolah lain masih ada yang lebih tinggi, seperti Al Hikmah Surabaya, atau lebih rendah seperti Al Uswah dan lain-lain. Namun yang membedakan, sekolah ini berasrama dan mendidik selama 24 jam. Model seperti ini di kota metropolitan Surabaya tidak banyak memiliki.

Info lengkap bisa hubungi ustadz Wahyu, bisa di whatsapp di nomor 0856-3152-632. Bertanya-tanya saja tidak apa-apa. Kami pernah bertemu dan cukup ramah. Bahkan jika ingin mendaftar bisa langsung ke beliau juga.

 

 

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *