Soft Managed Learning di Al Hikmah Batu Indonesia

Gedung Utama SMP Al Hikmah Boarding School Batu

Jika kita sudah banyak mengenal tentang sekolah dengan metode alam, sekolah dengan pendekatan entrepreneurship atau sekolah dengan panduan home schooling, Al Hikmah Batu memiliki satu metode berbeda dengan sekolah-sekolah tersebut.

Berbeda karena belum banyak sekolah yang menerapkan metode ini. Mungkin tak hanya belum banyak, bahkan bisa dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain, belum ada sekolah yang memakai metode ini.

Apa Itu Self Managed Learding di Pendidikan

Soft Managed Learning adalah nama metode yang dikembangkan oleh Al Hikmah Batu dan terus dievaluasi kemajuan maupun kekurangannya. Jika metode pembelajaran selama ini dipegang oleh guru sepenuhnya. Metode SML ini justru sebaliknya, guru memberikan kebebasan kepada muridnya untuk menentukan tema dan cara belajar masing-masing selama di kelas.

Dalam metode SML ini, guru telah memiliki tema dan panduan selama setahun pembelajaran. Guru menjadi pengawal dan pemberi motivasi selama pembelajaran di kelas.

Semisal saat pelajaran Matematika, siswa sudah memiliki panduan matematika selama setahun pembelajaran dan menentukan sendiri, tema apa yang hendak dia pelajari terlebih dahulu. Siswa boleh bekerjasama dengan temannya atau belajar individual. Bila siswa tidak mengerti tentang tema atau soal yang ada, maka guru baru akan membantu.

Lantas, bagaimana bila siswa tidak mau belajar sendiri atau tidak mau mengambil tema yang terlihat sulit bagi dia? Setiap siswa sudah dirancang untuk memncapai kompetensinya sendiri.

Dengan kata lain, mau tidak mau, siswa akan berlomba dengan siswa lainnya untuk mendapatkan nilai terbaik di akademik berdasarkan kemampuan dan keinginannya sendiri. Tak jarang mereka saling bantu bila mendapat kesulitan.

Jika si A mendapat nilai sempurna pada tema Z dan si B mendapat nilai kurang sempurna pada tema Z, maka si A akan berinisiatif membantu si B, dengan harapan kelak si B memiliki nilai sempurna pada tema lain dan berkenan membantu si A.

Sistem Belajar di SMP Al Hikmah Batu

Sebelum masuk kelas, guru akan bertanya kepada satu persatu anak, apa goal mereka hari ini atau pada jam pelajaran ini? Setelah menyampaikan goal atau target mereka masing-masing, maka guru akan memulai kelas.

merdeka belajar Al Hikmah Batu
Siswa Al Hikmah Boarding School Batu – Self Managed Learning

Anak-anak mulai berusaha mencapai target mereka hari itu, baik dengan belajar kelompok atau individual. Setelah itu, pada 15 menit terakhir, guru mengevaluasi materi yang sudah dipelajari anak-anak untuk kemudian diarahkan, ditambahi atau dikurangi sesuai dengan pengetahuan yang benar.

Dalam metode SML, sekalipun siswa belajar sesuai dengan kehendak masing-masing, guru tetap membiasakan pembelajaran secara terstruktur. Siswa tidak akan mudah melompat dalam tema yang memiliki pembahasan yang betul-betul berbeda. Hal ini dikarenakan siswa perlu untuk menguasai satu atau beberapa tema yang memiliki kedekatan materi.

Bimbingan Guru dalam Metode Self Managed Learning

Bimbingan guru untuk metode SML ini berlangsung 24 jam. Tidak hanya di kelas, bahkan di asramapun guru siap membimbing siswa. Banyak siswa yang akhirnya memanfaatkan fasilitas dan kesempatan ini untuk mendapat privat langsung dari guru.

Nah, inilah kelebihan metode SML, siswa akan terpacu dengan sendirinya untuk medapatkan nilai terbaik. Bila satu siswa sudah menemukan cara atau metode belajarnya sendiri dalam satu tema, maka siswa lainpun akan berusaha mengikuti, entah dengan mengekor pada temannya atau memiliki inisiatif sendiri untuk mencapai target dan nilai KKMnya.

Apakah ada siswa yang tidak memiliki motivasi untuk maju dan menguasai pembelajaran selama metode SML ini diterapkan? Jawabannya ya… namun hanya sekitar 10% dari siswa saja.

Guru akan terus mengevaluasi pembelajaran murid satu-persatu, bila memang terdapat siswa yang benar-benar malas untuk mengikuti pelajaran, maka guru akan melakukan pendekatan emosional terlebih dahulu.

Dengan demikian, diharapkan siswa dapat menyadari bahwa apa yang dilakukannya tidak baik. Bila pendekatan dan nasihat belum mampu membuat siswa berubah, maka guru mengambil alih pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran secara konvensional pada siswa tersebut.

Sejatinya, metode SML ini dibuat agar siswa mampu belajar dengan kesadarannya sendiri. Bila siswa sudah merasakan bahwa belajar adalah sebuah kebutuhan dan bukan paksaan dari sekolah, kedewasaan mereka juga akan bertambah. Inilah menjadi salah satu kelebihan dari SMP Boarding School Al Hikmah Batu.

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *