Kurikulum Tahfidz di Darul Hikam Boarding School

darul hikam boarding school

Di internet kita sering menemukan Darul Hikam untuk dua lembaga, Darul Hikam Boarding School Bandung, satu lagi adalah Darul Hikam Boarding School Mojokerto. Kali ini kami akan membahas Darul Hikam Boarding School Mojokerto.

Darul Hikam Boarding School Mojokerto adalah lembaga pendidikan yang menurut kami unik. Unik, karena polanya adalah asrama berbasis pondok pesantren, namun pendidikan formalnya tetap SMA dan SMP.

Yang istimewa dari Darul Hikam Boarding School adalah prestasi tingkat internasional seperti juara robotik di Jepang, dan nilai tertinggi UAN di tahun 2015. Lebih istimewa lagi menurut kami adalah kurikulum tahfidz di Darul Hikam Boarding School.

Islamic Boarding School di Mojokerto ini memiliki program tahfidz wajib untuk setiap santrinya. Sehingga ada standard minimal kelulusan jika santrinya lulus pada jenjang SMP dan SMA. Hebatnya adalah, setiap siswa akan dikelompokkan berdasarkan kemampuan.

Tahfidz di Darul Hikam Boarding School

Jika belum mumpuni, maka akan masuk pada kelompok tahsin. Kelompok ini lebih mengutamakan perbaikan bacaan al Quran. Tahfidz nantinya baru ada jika sudah memenuhi beberapa kriteria standard. Tidak serta merta langsung tahfidz Quran.

Baru kemudian masuk ke kelompok pertama adalah tahfidz biasa. Yaitu dengan metode talqin. Setiap pagi di kelas selama tiga hari, guru akan mentalqin siswanya dengan ayat-ayat Quran. Diminta menirukan. Hingga terbiasa tidak terasa menghafal al Quran. Dua hari yang lain digunakan untuk murajaah dan setoran ke guru. Hebatnya, ini dilakukan formal di kelas lho.

Dengan metodDarul Hikam Boarding Schoole demikian, setiap semester akan mendapatkan setengah juz al Quran. Artinya dalam tiga tahun, setiap siswa minimal akan hafal 3 juz.

Tingkat selanjutnya adalah tahfidz intensif. Yaitu tingkatan yang intensitasnya ditambah di luar kelas. Dikontrol oleh guru-guru yang memang hafidz. Kyai akan mendampingi langsung, mengingat berkaitan dengan sanad tahfidz al Quran.

Di metode intensif setiap siswa akan mendapatkan hafalan dalam satu semester antara 1,5-2 juz. Artinya setiap siswa di tingkat ini memiliki potensi hafalan al Quran sebanyak 7-9 juz dalam jangka waktu 3 tahun. 

Tingkat yang paling tinggi adalah tahfidz khusus. Nuansa menghafal Quran lebih kental dalam keseharian. Ektra kurikulernya adalah tahfidz Quran itu sendiri. Di Darul Hikam Islamic Boarding School hal ini didukung dengan lingkungan yang dikondisikan.

Untuk satu semester, target hafalannya adalah 3-4 juz dalam satu semester. Artinya jika berada di Darul Hikam Boarding School Mojokerto selama enam tahun, jenjang SMP dan SMA, maka siswa itu mampu menghafal 30 juz al Quran.

Biaya Darul Hikam Boarding School

Kami Alhamdulillah mendapatkan kesempatan untuk merekam Kyai Darul Hikam Boarding School ketika shalat isya, suaranya enak. KH. Masruhan Choteb sebagai pimpinan pondok memang dikenal sebagai imam resmi masjid besar di Singapura, suaranya khas.

Yang lebih istimewa, di akhir masa studi akan studi tour ke Malaysia. Hal ini sangat mudah dilakukan karena pimpinan pondok pesantren juga mengajar al Quran di negeri-negeri serumpun.

Yang membuat saya heran, biayanya ternyata tidak mahal, untuk mendaftar sekitar 7 jutaan. Tapi jangan harap fasilitas mewah. Fasilitasnya standard seperti pondok pesantren modern yang ada di era sekarang.

Namun demikian, dengan prestasi yang cukup baik dan tahfidz yang terprogram, Darul Hikam Boarding School Mojokerto cocok menjadi pilihan pendidikan. Jika ingin lebih detil bisa menghubungi, 082140166166 (Ustadzah Iin).

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *