Target Kelulusan SMA Al Hikmah Boarding School Batu

 

SMA Al Hikmah Boarding School Batu berusaha menghadirkan layanan pendidikan yang paripurna dari masa ke masa. Sistem pembelajaran dibuat sedemikian rupa dengan pendekatan pendidikan 24 jam berusaha mencetak alumni-alumni yang berkualitas nantinya. Sehingga tidak hanya bermanfaat, mereka juga akan mewarnai di manapun berada.

Tiga Target Kelulusan

Ada tiga target kelulusan yang berusaha ditanamkan kepada para peserta didik. Pertama, adalah sholih. Anak-anak ini ditatar dalam pendidikan 24 jam – baik di sekolah maupun di asrama –  untuk memiliki akhlak yang baik kepada Allah, Rasullulah, orang tua, dan sesama manusia. Kedua, muslih. Maksudnya, anak-anak itu nantinya sudah mempunyai jiwa kepemimpinan, berwawasan Islam, dan kemampuan kesemampaan. Ketiga, adalah  akademik yang optimal. Yaitu mereka memiliki kemampuan literasi, kreatif, analitis dan dapat berprestasi sesuai minatnya.

Merinci dari sholih terlebih dahulu. Berkaca dari tingginya kenakalan anak belakangan ini, membuat banyak orang tua khawatir. Pengaruh negatif lingkungan pergaulan turut mempengaruhi tumbuh kembang anak, sehingga seringkali mereka terjerumus dalam minum-minuman keras hingga penyalahgunaan obat.

Menyadari hal itu, SMA Al Hikmah Batu menerapkan sistem pendidikan boarding school. Di dalamnya, para murid akan dididik selama 24 jam. Dengan begitu, diharapkan dapat melahirkan lulusan yang memiliki akhlak yang baik (sholih) kepada siapapun. Paling pertama kepada Allah, lalu Rasul-Nya, orang tua, guru dan sesama manusia.

Mengutamakan Akhlaq

Akhlak adalah yang paling pertama ditanamkan. Para siswa ini nantinya akan dididik sehingga bisa dan terbiasa untuk menjalankan seluruh ajaran agama Islam, baik dengan mengerjakan perintah dan menjauhi semua larangan Allah dan Rasulnya. Kemudian mereka juga harus menjadi anak yang santun kepada orang tua dan gurunya. Lalu mampu menghormati dan menghargai orang lain, termasuk ke dirinya sendiri. Ini semua akan digarap secara kokoh sebagai basic dan landasan pendidikan yang pertama kali akan digarap oleh Al Hikmah Boarding School Batu.

Pendidikan karakter ini akan dibiasakan dalam aktivitas anak-anak selama 24 jam, baik di sekolah maupun di asrama. Sehingga sadar atau tidak, secara perlahan, murid akan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun untuk muslihnya. Salah satu tujuan pendidikan Al Hikmah ialah melahirkan calon-calon pemimpin di masa depan. Sedini mungkin para siswa, akan mulai ditanamkan bibit kepemimpinan dalam kehidupannya sehari-hari, baik saat di sekolah maupun di asrama dan lingkungan sekitar.

Meningkatkan Kualitas Karakter

Salah satu bentuknya dalam Basic Leader Camp (BLC). Kegiatan ini sejatinya dilakukan untuk menyiapkan mental dan kepribadian para peserta didik. Dengan pendekatan semi militer, para murid diajak untuk terbiasa menjaga kesehatan fisik mereka dengan rutin berolahraga.

Dari sisi karakter, mereka lebih disiplin. Ini terlihat dari kehidupan sehari-harinya, para murid terbiasa hidup mandiri dan menjaga kerapian barang-barangnya.

Berlanjut ke target ketiga, akademisi yang optimal. Berbeda dengan lembaga pendidikan lain, SMA Al Hikmah Boarding School Batu berusaha menjawab dan membantu peserta didik meraih cita-cita yang diinginkannya. Setelah menjalani BLC, para siswa diminta untuk membuat proposal hidup, kelak mau menjadi apa beserta upaya dan strategi untuk mencapainya. Dari sana, diterjemahkan menjadi panduan Self Directed Learning (SDL). Panduan ini nantinya diterapkan dalam proses ajar-mengajar di dalam kelas.

Dengan sistem ini para peserta didik dapat menentukan sendiri jadwal dan porsi belajarnya sesuai dengan bidang apa yang sejalan dengan cita-cita yang ingin dicapainya di masa depan. Seperti contoh, bila anak-anak itu ingin menjadi dokter, tentunya akan memprioritaskan mata pelajaran (mapel) Biologi, Matematika dan juga Bahasa Inggris. Porsinya dilebihkan dibanding mapel lainnya. Sementara untuk pelajaran lainnya, si anak tidak tekankan. Hanya saja, tetap harus memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).

 

 

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *