Macam-macam Tes Masuk Al Hikmah Boarding Batu

 

Tes masuk Al Hikmah Boarding Batu – Siapa yang tidak ingin bersekolah di tempat yang mampu untuk mendeteksi bakat dan minat anak sejak awal? 

Rasa-rasanya semua siswa ingin diberitahu tentang kelebihannya, pun dengan orang tua siswa, mereka juga ingin agar anaknya mengetahui apa yang menjadi potensinya dan mengembangkan diri didalamnya. 

Al Hikmah Batu boarding school memiliki cara dan metode yang unik dalam pembelajaran sehingga sekolah ini cocok untuk kamu dan anda yang ingin mengembangkan bakat dan minat dalam pembelajaran. 

Al Hikmah Boarding Batu

Al Hikmah Batu boarding school tingkat SMP dan SMA yang berdiri diatass lahan 15 hektar akan menanamkan jiwa pembelajar bagi siswanya lewat metode merdeka belajar. 

Selain itu, program self directed learning juga akan mengasah potensi siswa pada jalur non akademik. Menariknya kesemua hal tersebut akan didapatkan oleh siswa secara individual dengan bantuan guru selama 24 jam. 

Tes Masuk Al Hikmah Boarding Batu

Para calon siswa yang akan masuk ke Al Hikmah harus melalui berbagai macam tes masuk Al Hikmah Boarding Batu. Yang pertama adalah dua hari tes yang cukup mudah namun juga perlu ketelitian dalam melakukannya, nanti Anda akan diberitahu oleh panitia, karena setiap anak bisa berbeda. Semua tes yang dilakukan adalah untuk mengenali bakat dan potensi anak sejak awal. 

Tidak menutup kemungkinan bahwa mereka berbakat dalam satu hal, di bidang alam misalnya, maka kedepannya guru akan membimbing siswa untuk lebih dekat dengan sains dan alam baik dalam pembelajaran akademik di sekolah maupun pembelajaran non akademik di kebun dan peternakan. 

Semua tes akan dilakukan secara online untuk tahun ajaran baru 2020/2012 ini. Wabah pandemik covid 19 yang menbuat Surabaya dan Malang menjadi zona merah penyebarannya membuat apapun lebih baik dilakukan di rumah, tentu termasuk tes PPDB dari Al Hikmah Batu tahun ini. Tes pada hari pertama adalah seputar tes psikologi dan tes wawancara orang tua. 

Al Hikmah Boarding School Batu
Tes masuk Al Hikmah Boarding

Tes Psikologi Siswa Al Hikmah Boarding Batu

Prosedur pada tes psikologi, calon siswa akan diberikan tautan web yang berisi naskah tes psikologi yang harus dikerjakan. Adapun waktu yang diberikan adalah 4 jam dengan jeda istirahat pada tiap tes. Calon siswa akan menyelesaikan 5 jenis tes berbeda, saat tes berlangsung, siswa harus mengikuti seluruh instruksi dari pemandu tes. 

Adapun link tes psikologi yang dapat diakses terdapat di bit.ly/ThinkingSkill , bit.ly/TesKecenderunganSikap , dan bit.ly/TesKonsistensiSikap. Selanjutnya, calon siswa akan diajak untuk melakukan sesi wawancara dan diharap menjawab beberapa pertanyaan pemandu tes terkait bakat dan minat calon siswa. 

Tes Wawancara Masuk Al Hikmah Boarding Batu

Sementara untuk tes wawancara, orang tua menyiapkan akses video call untuk wawancara. Setelah itu, pewawancara akan meminta izin untuk berdoa sebelum dimulai dan izin melakukan perekaman. 

Topik yang akan dibicarakan bisa jadi bermacam, intinya adalah tentang kesiapan calon siswa sebelum memulai sekolah. Pada tahap akhir, orang tua akan diberikan file berisi kesiapan komitmen untuk kemudian ditanda tangai dan dikembalikan ke sekolah. 

Hari kedua tes akan diisi oleh tes akademik dan tes Al Quran calon siswa. Tes akademik yang akan dilakukan cukup mudah, calon siswa cukup mengakses link bit.ly/BSA_TesAkademik

Naskah tes pada link tersebut harus dikerjakan seluruhnya dengan pengawasan pemandu tes. Adapun waktu yang diberikan cukup lama, sekitar 120 menit untuk menyelesaikan keseluruhan tes tersebut. 

Tes Al Quran di Al Hikmah Boarding Batu

Untuk tes terakhir yang diujikan adalah tes membaca Al Quran. Al Hikmah Batu sendiri, selain berfokus pada akademik siswa, juga berfokus pada tiga juz hafalan siswa selama tiga tahun. 

Hafalan yang dilakukan bukan hanya sekedar hafalan saja, melainkan juga dengan penerjemahan ayat-ayat tersebut. Pada tes Al Quran lewat video call, calon siswa akan membaca 15 baris pada Al Quran. 

Setelah selesai, pemandu akan bertanya tentang hafalan siswa bila memiliki hafalan. Bila calon siswa tidak memiliki hafalan, maka pemandu akan menanyakan siswa tentang kesiapan menghafal siswa kelak di sekolah. 

Inilah beberapa tes masuk Al Hikmah Boarding yang harus dilalui. Pasti bisa, mudah kok. info lengkap bisa menghubungi,  0811-300-7055

Releated Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *